Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak Via SMS

Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak Via SMS. Bagi karyawan yang memiliki keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, sekiranya penting untuk mengetahui apakah status kartu BPJS kamu masih aktif atau non-aktif. Apalagi jika kamu sudah tidak lagi bekerja di perusahaan yang membayarkan tagihan BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Ada beberapa cara untuk mengecek status BPJS Ketenagakerjaan, bisa melalui online maupun offline. Untuk cara online, bisa melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang diunduh melalui Play Store maupun App Store atau melalui website BPJS langsung. Sedangkan cara offline bisa melalui layanan SMS.

Nah, kali ini KuotaMedia akan membahas cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak via SMS. Bagi kamu yang belum mengerti caranya, bisa disimak baik-baik postingan kami kali ini ya!

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan?

Mungkin di antara pembaca ada yang belum paham betul apa itu BPJS Ketenagakerjaan dan apa sebenarnya kegunaannya? Lalu apa saja yang dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan dan pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang memberikan jaminan sosial kepada seluruh pekerja di Indonesia melalui empat program utamanya. Kalau kamu pernah dengar mengenai Jamsostek, nah BPJS ini bisa dikatakan mirip dengan Jamsostek dilihat dari fungsinya.

Empat program BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun. Pendanaan jaminan ini bersumber pada iuran peserta, investasi, dan alokasi dana pemerintah. 

Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Jika kamu ingin dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan, maka kamu harus terdaftar menjadi pesertanya terlebih dahulu. Biasanya, saat kamu bekerja di perusahaan, pihak HR akan membantu proses pendaftaran peserta. Namun, jika kamu ingin mendaftar sendiri juga boleh. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, kamu lengkapi dulu persyaratan-persyaratan mendaftarkan diri menjadi peserta. Untuk mengetahui lebih jelas persyaratannya apa saja, kamu bisa kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Untuk bisa masuk ke laman BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus login dan memiliki akun. Jika belum memiliki akun, buat terlebih dahulu.
  2. Saat sudah berhasil login, pada bagian kanan atas klik menu “DAFTARKAN SAYA”. Nanti akan muncul pertanyaan: Ingin mendaftar sebagai?, menu pilihannya ada tiga yaitu: Perusahaan (Pemberi Kerja), Individu (Pekerja BPU), dan Pekerja Migran (TKI)
  3. Jika ingin mendaftar sebagai individu, pilih individu lalu ikuti langkah selanjutnya.
  4. Kamu akan disuruh mengisi beberapa informasi terkait lokasi kerja, jam kerja, serta penghasilan rata-rata perbulan kamu. Isi semuanya lalu ikuti prosesnya hingga selesai.
  5. Jika sudah, selanjutnya menunggu konfirmasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan
  6. Nanti kamu akan diminta membawa semua perlengkapan dan pesyaratan mendaftarkan diri ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kotamu.

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Nah, jika kamu memang sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya, maka kamu sudah pasti memiliki Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Namun, bisa saja karena satu dan lain hal kamu tidak membayar iuran BPJS, entah karena sudah berhenti bekerja di perusahaan atau lain-lain.

Kamu bisa cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak via SMS, dengan cara seperti berikut ini:

  • Jika kamu belum pernah mendaftarkan nomor hape dan nomor BPJS kamu sebelumnya, maka pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkannya. Dengan cara:

Ketik DAFTAR(spasi)SALDO#No.KTP#NAMA PESERTA#TGL. LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO. KARTU BPJS TK#Email(opsional), kirim ke 2757 

  • Isi data diri sesuai dengan data yang tertera pada KTP kamu dan juga kartu BPJS kamu
  • Jika sudah terdaftar, baru kamu bisa mengecek apakah BPJS Ketenagakerjaan kamu masih aktif atau tidak.
  • Untuk mengecek aktif atau tidak, caranya:

Ketik STATUS<Spasi>TK#Nomor BPJS, kirim ke 2757

  • Jika informasi yang kamu tulis sudah benar, nanti akan muncul SMS balasan berisi tentang status BPJS Ketenagakerjaan kamu, aktif atau non-aktif

Catatan: Pengecekan status BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS saat ini hanya bisa dilakukan melalui provider Telkomsel, Indosat, dan XL saja dengan estimasi biaya per SMS Rp. 165,-

Demikian penjelasan mengenai cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak via SMS.  Pada dasarnya caranya mudah sekali. Namun sayangnya hanya bisa dilakukan oleh pengguna tiga jenis provider, yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL.

Category:
Tips
Tags: