Cara Cek Tagihan Listrik Online & Offline

Cara Cek Tagihan Listrik. Saat ini, bagi yang ingin membayar listrik tidak melulu harus datang langsung ke PLN dan mengantre lama. Ada banyak cara alternatif untuk membayar tagihan listrik.

Apalagi di zaman serba digital dan online seperti sekarang ini, segalanya serba cepat dan mudah. Hanya bermodal smartphone dan kuota internet, tidak sampai beberapa menit kita sudah selesai membayar tagihan listrik. Anti ribet dan hemat waktu!

Dengan sistem yang sudah online, cara cek tagihan listrik bisa melalui apa saja, mulai dari online marketplace sampai aplikasi khusus bayar tagihan listrik. Pokoknya semuanya tidak lagi ribet dan buang-buang waktu.

Namun, bagi yang belum pernah mencoba membayar tagihan listrik secara online sebelumnya, pasti akan merasa kesulitan sehingga membutuhkan tutorial khusus untuk melakukannya.

Nah, kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini KuotaMedia akan memberikan informasi terkait langkah-langkah apa saja yang bisa kamu lakukan untuk cek tagihan listrik bulanan kamu.

Nah, tips kali ini khusus untuk pelanggan Pascabayar PLN ya. Tanpa perlu basa-basi lagi, yuk kita simak ulasannya!

Cara Cek Tagihan Listrik Online

cek tagihan listrik lewat hp

cek tagihan listrik lewat hp

Cara Cek tagihan listrik bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu online dan offline. Nah, pada subtopik kali ini, kita bahas yang cara cek tagihan listrik offline dulu, ya. Cara cek tagihan listrik secara offline bisa melalui beberapa cara, yaitu:

Cek Tagihan Listrik Melalui Marketplace

Cara cek tagihan listrik secara online yang pertama yaitu melalui marketplace. Marketplace yang menyediakan layanan pembayaran listrik secara online yaitu Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. Nah, kamu hanya perlu pilih salah satu marketplace yang kamu inginkan.

Contoh yang kami berikan kali ini akan menggunakan Tokopedia. Pertama-tama, kamu buka situs Tokopedia, bisa melalui vesi desktop, mobile phone, atau melalui aplikasinya di Play Store/App Store.

Untuk mengecek tagihan listrik, kamu bisa memilih menu pembayaran lalu pilih pembayaran tagihan listrik. Pada menu ini, kamu akan diminta memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran. Masukkan nomor ID pelanggan/meter kamu lalu klik bayar. Nanti akan muncul jumlah tagihan listrik kamu selama sebulan terakhir.

Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi

Cara cek tagihan listrik secara online yang kedua yaitu melalui aplikasi. Aplikasi yang bisa kamu gunakan di sini yaitu PLN Mobile yang merupakan aplikasi resmi dari PLN.

Untuk mengecek melalu aplikasi PLN Mobile, kamu harus download install aplikasinya terlebih dulu di Play Store.

Setelah sudah terinstall dengan baik, buka aplikasinya kemudian masuk ke menu pembayaran lalu pilih menu Informasi tagihan dan token listrik.

Sama halnya dengan cara pembayaran melalui marketplace, kamu akan diminta memasukkan nomor ID pelanggan kamu. Jika nomor ID pelanggan yang kamu masukkan sudah benar, nanti akan muncul informasi tagihan listrik kamu sebulan terakhir.

Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi Cek Tagihan Listrik PLN (Android)

Untuk pengguna Android, kamu bisa cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum dengan menggunakan aplikasi di Play Store. Ada aplikasi yang namanya Cek Tagihan Listrik PLN yang bisa kamu unduh dan install terlebih dahulu. Kalau sudah, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi Cek Tagihan Listrik PLN yang sudah kamu install di hape Android kamu.
  • Pada menu home, kamu pilih Cek Tagihan PLN. Masukan informasi rekening, yaitu ID Pelanggan lalu bulan dan tahun dari rekening listrik yang mau kamu cek. Kemudian klik cari.
  • Jika data yang kamu masukkan benar, akan muncul informasi jumlah tagihan listrik pada bulan dan tahun yang kamu input tadi.

Catatan: Informasi yang muncul berupa angka atau nominal yang menandakan jumlah/nominal yang harus kamu bayarkan. Sementara jika informasi yang muncul kosong/blank, artinya tagihan pada bulan dan tahun itu sudah dibayarkan.

Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile (Android)

Tutorial kali ini juga diperuntukkan bagi pengguna Android. Selain menggunakan aplikasi Cek Tagihan Listrik PLN, kamu juga bisa cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum dengan menggunakan aplikasi lainnya di Play Store, yaitu PLN Mobile. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Download dan install aplikasinya di Google Play Store. Untuk proses download dan install yang cepat dan lancar, pastikan kuota paket internet kamu masih banyak dan jaringan kamu kuat.
  • Setelah berhasil diinstall, buka aplikasinya. Pertama-tama buat dulu akun ID pelanggan aplikasi PLN Mobile dengan memassukan nomor pelanggan atau rekening listrik kamu.
  • Atau jika kamu tidak mau repot, kamu bisa skip tanpa melakukan registrasi akun terlebih dahulu dengan mengeklik MASUK TANPA LOGIN.
  • Pada halaman utama, pilih Informasi > Informasi dan Tagihan. Masukkan nomor rekening atau ID Pelanggan kamu kemudian klik cari.
  • Jika data yang kamu masukkan sudah benar, informasi tagihan listrik kamu akan muncul di layar monitor.

Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile (iOS)

Nah, untuk pengguna iOS, baik itu iPhone atau iPad, kamu bisa cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum menggunakan aplikasi PLN Mobile. Caranya dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama-tama, download dan install dulu aplikasinya di App Store
  • Jika sudah diinstall, buka aplikasinya lalu klik menu Informasi > Informasi Tagihan dan Token Listrik
  • Masukkan ID Pelanggan atau nomor rekening listrik/meteran kamu untuk mengecek jumlah tagihan listrik kamu yang terakhir.

Cek Tagihan Listrik Melalui Akun BebasBayar

Jika sebelumnya cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum melalui aplikasi Android dan iOS, cara kali ini khusus bagi yang ingin mengecek menggunakan PC atau laptop. Caranya yaitu bisa melalui Akun BebasBayar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, masuk ke halaman Akun BebasBayar. Jika kamu belum memiliki akun, kamu harus registrasi atau buat akun terlebih dahulu. Untuk registrasi, silakan klik di sini.
  • Setelah berhasil registrasi, login ke Akun BebasBayar.
  • Setelah berhasil login, kamu akan dibawa ke halaman utama. Di halaman utama, pilih menu Listrik.
  • Masukkan ID Pelanggan atau nomor rekening/meteran kamu, setelah itu klik periksa.
  • Setelah itu akan muncul informasi apakah tagihan listrik kamu sudah dibayar atau belum. Jika belum, akan muncul nominal tagihan yang harus dibayarkan. Sedangkan jika sudah, akan muncul tulisan: TAGIHAN SUDAH TERBAYAR pada kolom hasil.

Cek Tagihan Listrik Melalui E-Commerce (Tokopedia )

Nah, bagi kamu yang suka belanja online di e-commerce, seperti Tokopedia dan Bukalapak, kamu pasti tau kalau di dua e-commerce ini kamu juga bisa cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum. Bagi pengguna setia Tokopedia, kamu bisa cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pada halaman utama pilih menu Pembayaran & Top Up > Listrik PLN > Tagihan Listrik. Masukkan Nomor ID Pelanggan atau Nomor Rekening Listrik/Meteran lalu cari.
  • Jika tagihan belum terbayarkan, akan muncul nominal tagihan. Sedangkan jika sudah, akan muncul tulisan: “Tagihan Sudah Terbayar”

Bagi pengguna Bukalapak atau e-commerce lain yang memiliki menu Cek Tagihan Listrik, cara-caranya pada dasarnya sama saja, yaitu kamu masuk ke menu Listrik PLN> Tagihan Listrik lalu masukkan Nomor Meter/ ID Pelanggan lalu tunggu hasilnya diproses.

Cara Cek Tagihan Listrik Offline

Jika sebelumnya menjelaskan cara cek tagihan listrik secara online, sekarang saatnya membahas cara cek tagihan listrik secara offline. Sama halnya dengan cara online, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk cek tagihan listrik offline, yaitu:

Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Cara cek tagihan secara offline yang pertama yaitu melalui telepon. Kamu bisa menghubungi:

Layanan Call Center PLN di nomor call center 123

(jika melalui handphone, masukkan kode wilayah disambung dengan 123). Misalnya untuk daerah Bandung (122)-123.

Jika sudah tersambung dengan operator, kamu bisa sampaikan tujuan kamu menelepon lalu ikuti instruksi dari operator PLN untuk mengetahui jumlah nominal tagihan listrik kamu. Disarankan untuk menyiapkan nomor ID pelanggan atau nomor rekening listrik sebelum menelepon supaya proses bisa lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu.

Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

  • Cara cek tagihan listrik per bulan

Jika sebelumnya melalui telepon ke call center, cara cek tagihan listrik secara offline yang kedua yaitu melalui layanan SMS. Caranya yaitu dengan mengetik SMS:

REK <Spasi> Nomor ID Pelanggan (12 digit) lalu kirim ke 8123
Misalnya: REK 982727481838 kirim ke 8123

Tunggu hingga kamu mendapat balasan dari perator PLN.

  • Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Jika kamu ingin berlangganan untuk mengetahui jumlah tagihan listrik bulanan kamu, kamu bisa mengaktifkannya melalui SMS dengan format:

PLN <Spasi> ON <Spasi> Nomor ID Pelanggan PLN, Kirim ke 8123
Misalnya: PLN  ON 982727481838 kirim ke 8123

Nanti kamu akan mendapatkan SMS rutin bulanan mengenai informasi tagihan listrik bulanan kamu.

  • Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Selain berlangganan kamu juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik otomatis tiap bulannya. Caranya, kirim sms dengan format:

PLN <spasi> OFF <spasi> 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123
Misalnya: PLN  OFF 982727481838 kirim ke 8123

Catatan:
Untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp. 500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

Itulah tadi cara cek tagihan listrik yang bisa kamu bagikan informasinya. Pada dasarnya, cara offline maupun online semuanya sama-sama jauh lebih mudah daripada mengantre langsung di PLN, asal paham cara-caranya saja.

Nah, bagi kamu yang sering lupa nomor rekening listrik kamu dan ingin tau cara mudah cek nomor rekening listrik, kamu bisa cek artikel Cara Cek Nomor Rekening Listrik.