Tips dan Trik

Cara Pemasangan Listrik Sambungan Sementara

Cara Pemasangan Listrik Sambungan Sementara
Kuotamedia.net

Kuotamedia | Untuk melakukan pemasangan listrik sementara pelanggan harus mengerti tahapan dan cara daftarnya, kami berikan beberapa alur untuk melakukan pemasangan listrik.

Pemakaian listrik setiap orang seringkali berbeda-beda, apalagi jika memiliki banyak alat elektronik untuk kebutuhan rumah tangga maupun bisnis.

Untuk yang disebutkan terakhir, biasanya penggunaannya jauh lebih banyak dibandingkan kebutuhan rumah tangga, meskipun tergantung pada jenis bisnis apa yang dijalankan.

Terlepas dari kegunaan yang tadi disebutkan, ternyata PLN juga memberikan layanan untuk penyambungan listrik sementara. Ini diperuntukkan bagi yang ingin melakukan kegiatan sementara yang membutuhkan daya listrik melebihi kapasitas yang terpasang di rumah.

Nah, untuk prosedurnya, pada artikel kali ini kami akan sampaikan cara pemasangan listrik sambungan sementara.

Pengertian Sambungan Sementara

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai cara atau prosedur pemasangannya, pertama-tama kita bahas dulu mengena apa itu sambungan sementara.

Seperti yang sudah disinggung di kalimat pembuka, sambungan sementara yaitu pemasangan listrik dalam waktu temporal atau sementara untuk kegiatan tertentu yang membutuhkan daya listrik lebih misalnya untuk pesta.

Kegiatan tersebut bisa apa saja, seperti perayaan pesta ulang tahun, pernikahan, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang membutuhkan daya listrik berkapasitas tinggi.

Sistem penyambungannya hanya dalam waktu tertentu saja, tidak untuk seterusnya. Untuk prosedurnya, pelanggan diharuskan mengisi permohonan sambungan terlebih dahulu, melalui call center 123 atau melalui online.

Biaya Sambungan Sementara Listrik PLN

Sebelum memutuskan untuk membuat permohonan sambungan sementara, tentu biaya merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan.

Biaya yang dibutuhkan meliputi biaya administrasi dan total biaya dari lama hari dan juga daya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, biayanya bisa beragam tergantung dari permintaan pelanggan.

Untuk permintaan sambungan sementara listrik PLN, kamu bisa melihat acuan biayanya di postingan kami sebelumnya mengenai migrasi tambah daya listrik PLN online.

Di situ kamu bisa melihat kisaran harganya jika dilihat dari besaran daya yang dibutuhkan. Biaya yang dikenakan standard tanpa tambahan biaya lainnya. Untuk lebih rincinya, bisa telepon call center PLN di 123.

Biaya Loss Watt Listrik Sementara

Loss watt yaitu tambah daya listrik untuk menambah kapasitas daya listrik yang sudah ada. Loss watt biasanya dilakukan karena kapasitas daya listrik yang ada sudah tidak mencukupi kebutuhan, sehingga dibutuhkan penambahan daya listrik. Penambahan daya listrik atau loss watt bisa dilakukan dengan melakukan permohonan pemasangan kepada pihak PLN.

Loss watt listrik sementara bisa dilakukan melalui call center PLN di 123 dengan menyampaikan maksud pelanggan kepada pertugas PLN. Namun perlu diingat permohonan pemasangan dilakukan maksimal H-3 pemasangan.

Sedangkan mengenai biayanya, sama halnya dengan sambungan sementara di subtopik sebelumnya, tergantung dari lama hari dan besaran daya tambahan yang dibutuhkan.

Jika ingin lebih jelas mengenai rinciannya, sebaiknya langsung menghubungi PLN di call center 123 seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Permohonan Sambungan Sementara

Sebagai simulasi berikut ini adalah tahap pemasagan listrik sementara

  1. Pelanggan mengajukan permohonan sambungan sementara ke PLN terdekat atau formulir dibawah yang telah kami sediakan.
  2. Pelanggan menerima email konfirmasi yang berisi kode konfirmasi.
  3. Pelanggan menginputkan kode konfirmasi pada website.
  4. Penginputan kode konfirmasi valid
    Jika valid: Permohonan diterima dan pelanggan akan menerima email berupa Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisi nomor agenda dan no. registrasi (untuk pembayaran)
    Jika tidak valid: Permohonan ditolak dan pelanggan harus kembali menginput kode konfirmasi seperti pada tahap 3.
  5. Selanjutnya pelanggan melakukan pembayaran di Bank/ ATM/ Loket dengan menggunakan no registrasi
  6. Pengecekan pelunasan masuk.
    Jika pelunasan masuk: Pelanggan melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)
    Jika pelunasan tidak masuk: Pelanggan menghubungi unit setempat atau call center 123.
  7. Pemasangan meteran oleh petugas setelah menerima PK dan BA.
  8. Terakhir pengolahan data langganan oleh petugas bahwa pemasangan telah selesai dilakukan

Itulah alur permohonan sambungan sementara di PLN.

Cara Pasang Sambungan Sementara Offline

Untuk melakukan permohonan pasang sambungan sementara secara offline bisa langsung mendatangi kantor PLN terdekat dengan membawa beberapa hal yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, kartu pelanggan, dan menyiapkan biaya pemasangannya. Untuk lebih jelasnya, PLN memudahkan pelanggan dengan menghubungi call center PLN langsung di 123.

Mengenai pembayarannya, PLN juga sudah memudahkan pelanggannya dengan cara pembayaran melalui ATM terdekat. Sisanya, petugas PLN yang akan mengurusnya jika semua prosedur sudah dilakukan.

Cara Pasang Sambungan Sementara Online

Jika sebelumnya melalui offline, selanjutnya adalah cara pasang sambungan sementara online. Cara ini sangat mudah karena tidak perlu repot-repot lagi untuk datang langsung ke PLN.

Cukup dengan membuat permohonan online melalui website PLN Online, pengguna sudah bisa mengurus permohonan pasang sambungan sementara. Untuk jelasnya, berikut tahapannya:

Formulir Sambungan Sementara


Jika halaman diatas tidak termuat klik refresh pada browser atau coba browser lain (Rekomendasi buka di Laptop).

  1. Pertama-tama, silahkan isi forumulir diatas
  2. Isi semua informasi yang dibutuhkan pada form yang sudah disediakan
  3. Pelanggan juga akan tahu berapa kira-kira total biaya pemasangan sesuai dari jumlah hari dan besaran watt atau daya yang dibutuhkan
  4. Setelah mengisi semua informasi dan memproses permohonan, pelanggan akan mendapatkan Email Konfirmasi yang didalamnya berisi kode konfirmasi
  5. Masukan kode konfirmasi tersebut ke laman website PLN Online
  6. Jika kode konfirmasi dianggap valid, permohonan dinyatakan diterima
  7. Selanjutnya, pelanggan akan menerima email yang berisi Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisikan Nomor Agenda dan Nomor Registrasi untuk melakukan pembayaran
  8. Melalui nomor registrasi tersebut, pelanggan melakukan pembayaran di ATM terdekat/bank/loket PLN
  9. Jika pembayaran berhasil diproses, pelanggan nantinya akan harus menandatangani Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL)
  10. Selanjutnya, petugas akan memasang meteran listrik setelah menerima PK dan BA
  11. Terakhir, petugas akan mengolah data langganan yang menyatakan bahwa pemasangan telah selesai dilakukan.

Demikian pembahasan kami mengenai Cara Pemasangan Listrik Sambungan Sementara untuk pembaca sekalian ketahui.

Mengenai biaya pemasangannya, bisa dicek secara online melalui website PLN Online seperti yang sudah kami beritahukan di atas atau melalui call center PLN di 123.

Semoga postingan kami ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian, ya!

1 Komentar

Tinggalkan Komentar