Cara Cek Keanggotan BPJS Kesehatan

Cara Cek Keanggotan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan jaminan kesehatan yang diwajibkan pemerintah kepada warganya sebagai bentuk perlindungan.

Jadi, saat nanti kita mengalami sakit dan harus dirawat di rumah sakit, BPJS Kesehatan memberikan jaminan dana selama proses penyembuhan. Dananya didapat dari iuran per bulan yang sifatnya wajib.

Namun terkadang, ada yang membuat keanggotaan kita jadi terhenti atau terputus. Entah kita belum melakukan pembayaran iuran pertama, menunggak, atau salah satu keluarga kita ada yang menunggak sehingga kita juga jadi terhenti keanggotaannya.

Tapi untuk memastikannya, kita perlu mengeceknya sendiri.

Nah, kali ini KuotaMedia akan memberikan tips cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan. Bagi kamu yang belum tau cara-caranya, simak terus postingan kami kali ini supaya tidak ketinggalan cara mudah dan praktisnya.

Apa itu BPJS Kesehatan?

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan lembaga jaminan sosial yang legal secara hukum untuk memberikan progam jaminan kesehatan bagi pesertanya.

Secara operasional, BPJS Kesehatan mulai beroperasi pada awal tahun 2014. BPJS ini sifatnya wajib untuk seluruh warga negara Indonesia dengan pembayaran iuran wajib pula.

Keanggotaan BPJS Kesehatan dibagi menjadi dua, yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatan dan dan non-PBI jaminan kesehatan.

Yang dimaksud PBI jaminan kesehatan yaitu orang miskin dan tidak mampu, sedangkan bukan PBI jaminan kesehatan yaitu mereka selain fakir miskin atau orang tidak mampu, termasuk karyawan, pemimpin perusahaan, investor, dan lain-lain.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Cara mendaftarkan BPJS Kesehatan ada dua, yaitu untuk karyawan dan non-karyawan (TNI, Polri, PNS, dan pengguna akses). Berikut caranya untuk masing-masing kategori.

Cara mendaftar BPJS Kesehatan untuk karyawan:

  • Jika sebelumnya pernah menggunakan Jamsostek, bisa mendaftarkan diri melalui perusahaan.
  • Perwakilan perusahaan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan tingkat kabupaten/kota lalu mengisi formulir pendaftaran
  • Setelah mengisi formulir pendaftaran, nanti akan diberikan Umumirtual Account untuk seluruh karyawan di perusahaan tersebut.
  • Perwakilan perusahaan kemudian membayarkan premi yang sudah ditotalkan dengan jumlah karyawan yang didaftarkan.
  • Jika sudah, semua karyawan tersebut sudah menjadi anggota resmi BPJS Kesehatan yang masuk ke dalam kategori non-PBI.

Cara mendaftar BPJS Kesehatan untuk non-karyawan (TNI, Polri, PNS, dan pengguna akses):

  • Caranya sama, datang ke kantor BPJS untuk mendaftarkan keanggotaan. Namun sedikit lebih mudah karena datanya sudah dimiliki oleh kantor BPJS Kesehatan. Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan per orangan maupun kolektif.
  • Saat mendaftarkan diri, baik itu kolektif maupun perorangan di kantor BPJS Kesehatan, pastikan kamu membawa bukti kartu akses.
  • Premi akan dipotong melalui gaji bulanan.
  • Jika proses pendaftaran sudah selesai, selanjutnya peserta akan diberikan kartu BPJS Kesehatan.

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan

Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu BPJS Kesehatan dan bagaimana cara mendaftarkan diri. Nah, selanjutnya yang akan kami bahas adalah 3 cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan. 

Jika kamu ingin memastikan apakah keanggotaan BPJS Kesehatan kamu masih aktif atau tidak, kamu bisa menggunakan tiga cara ini.

1. Melalui SMS Gateaway

Cek BPJS Melalui SMS Gateaway

Cek BPJS Melalui SMS Gateaway

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan yang pertama yaitu melalui SMS Gateaway. SMS Gateaway merupakan fasilitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan para anggotanya mengecek informasi seputar BPJS Kesehatan.

Caranya yaitu dengan mengetik SMS dengan tiga format berikut (pilih salah satu):

NOKA(spasi)No. BPJS Kesehatan
Contoh : NOKA 0001486326618
Kirim ke : 087775500400
NIP(spasi)No. Induk Pegawai
Contoh : NIP 19620611198883719374
Kirim ke : 087775500400
NIK(spasi)No.KTP
Contoh : NIK 5171907912831930
Kirim ke : 087775500400

Tunggu hingga kamu mendapatkan balasan dari nomor tersebut mengenai status keanggotan BPJS Kesehatan kamu.

2. Melalui Call Center

Cek BPJS Melalui Call Center

Cek BPJS Melalui Call Center

Cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan selanjutnya bisa melalui Call Center BJPS Kesehatan. Cara ini bisa kamu lakukan jika cara yang pertama tidak berhasil atau sedang mengalami gangguan. Caranya yaitu dengan menelepon:

Ke nomor 1500400

Jika sudah tersambung ke operator, kamu bisa langsung utarakan tujuan kamu menelepon.

Pastikan kamu sudah menyiapkan nomor keanggotaan BPJS Kesehatan kamu sesuai dengan yang pernah didaftarkan dulu supaya proses bisa berjalan dengan cepat dan tidak boros pulsa.

Perlu diketahui juga bahwa call center BPJS Kesehatan juga bisa untuk mengetahui informasi lain seputar BPJS Kesehatan, tidak hanya soal status keanggotaan saja.

3. Melalui BPJS Online Checking

Cek BPJS Melalui BPJS Online Checking

Cek BPJS Melalui BPJS Online Checking

Jika cara pertama dan kedua tidak memungkinkan untuk dilakukan, kamu bisa cek keanggotaan BPJS Kesehatan menggunakan cara online. Caranya yaitu mengunjungi situs:

BPJS Online Checking

Ketika masuk ke laman tersebut, kamu akan diminta memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan juga tanggal lahir kamu lalu memasukkan angka validasi. Setelah itu klik Cek.

Jika informasi yang kamu masukkan sudah benar, nanti akan muncul semua informasi mengenai status keanggotaan. aktif atau tidaknya. Jika masih aktif, biasanya akan muncul juga jumlah tunggakan iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan.

4. Melalui Marketplace

Cek BPJS Melalui Marketplace

Cek BPJS Melalui Marketplace

Nah cara terbaru bisa melalui marketplace misalnya Tokopedia, paytren, bukalapak dan lainnya, kita hanya memasukkan nomor anggota BPJS kita kalau terdeteksi maka keanggotaan kita benar-benar terdaftar. Selain itu bisa langsung mengetahui jumlah tagihan kita untuk pembayaran selanjutnya.

Gimana kalau keanggotaan kita tidak terdaftar? Penyebabnya apa aja? Mari silahkan disimak.

Penyebab status keanggotaan BPJS Non-Aktif/ Diblokir

  • Peserta Menunggak membayar iuran BPJS
  • Peserta masih proses menunggu untuk pembayaran iuran pertama
  • Salah satu anggota keluarga di KK menunggak iuran BPJS

Nah itulah tadi cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi pembaca semua yang masih belum tau cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan.

Category:
Lainnya
Tags:

, ,