Bolt Resmi Ditutup, Begini Cara Refund Paket dan Pulsa

Komisi Informasi (Kominfo) RI telah secara resmi menutup izin operasi PT. Internux (Bolt) di Indonesia sejak bulan lalu. Terhitung pada 28 Desember 2018, Bolt sudah berhenti beroperasi dan diharapkan segera menyelesaikan proses refund atau klaim kepada pelanggan.

Dengan ditutupnya Bolt, pelanggan tidak bisa lagi menggunakan layanan tersebut. Bagi pelanggan yang masih memiliki masa aktif Bolt bisa melakukan refund.

Proses refund bisa dilakukan di 28 gerai di Jabodetabek dan Medan terhitung mulai hari Senin, 31 Desember 2018 sampai dengan 31 Januari 2019.

Masa pengembalian dana (refund) kepada pelanggan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur yang telah disiapkan oleh PT. Intrenux.

Mengenai detail bagaimana cara refund dan paket pulsa Bolt, akan kami jelaskan di artikel kali ini. Bagi kamu pengguna Bolt yang belum paham caranya, pastikan kamu menyimak postingan ini sampai tuntas, ya!

Mengapa Bolt Ditutup?

Bolt merupakan pelopor 4G di Indonesia. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, Bolt kalah pamor dengan penyedia layanan 4G yang lainnya.

Terhitung sejak tahun 2016, PT. Internux yang menaungi Bolt, tidak membayar tunggakan BHP frekuensi sebesar Rp343,5 milliar. Sebagai konsekuensinya, Kominfo menutup izin layanan Bolt di Indonesia.

Sebenarnya selain Bolt juga ada dua perusahaan lainnya yang izinnya juga dihentikan, yaitu PT. First Media dan PT. Jasnita Telekomindo.

Kedua perusahaan telekomunikasi ini juga bernasib sama dengan PT. Internux yang dicabut izinnya karena menunggak pembayaran BHP frekuensi kepada pemerintah.

Dengan ditutupnya Bolt, secara otomatis pelanggan sudah tidak bisa lagi menggunakan layanan 4G Bolt.

Namun, Bolt memberikan penawaran khusus bagi pelanggan Bolt yang masih ingin menggunakan layanan Wi-Fi 4G LTE. Penawaran khusus ini dilakukan atas kerjasama dengan Smartfren.

Mengenai detail penawaran khususnya akan dijelaskan pada penjelasan selanjutnya di artikel ini.

Cara Refund Paket Internet dan Pulsa Bolt

Bagi pelanggan yang ingin melakukan proses refund paket dan pulsa, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi link dibawah ini
    https://www.bolt.id/refund
  2. Masukkan Bolt ID (ICCID/MSISDN) yang berisi 18 digit angka yang ada di kartu Bolt lalu klik Submit
    Cara Refund Paket Internet dan Pulsa Bolt
  3. Tunggu hingga pihak Bolt melakukan proses verifikasi dari nomor Bolt yang kamu masukkan. Verifikasi dilakukan untuk memastikan ada dana yang harus direfund kepada pelanggan
  4. Jika verifikasi sudah dilakukan, kamu akan mendapatkan email notifikasi dari Bolt
  5. Di dalam email verifikasi berisi informasi nominal dana yang harus dikembalikan/direfund oleh pihak Bolt kepada pelanggan
  6. Untuk mengambil dana refund, pelanggan diarahkan untuk mengunjungi gerai Bolt Zone disertai dengan membawa fotokopi KTP dan juga buku tabungan

Catatan Updated:

Proses refund bagi pelanggan BOLT sudah berakhir pada tanggal 31 Januari 2019. Bagi pelanggan yang sudah mengajukan refund, harap menunggu proses refund selambat-lambatnya sampai dengan tanggal 15 Februari 2019.

Penawaran Khusus

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, Bolt bekerjasama dengan Smartfren menghadirkan penawaran khusus kepada pelanggan Bolt yang masih ingin menggunakan layanan Wi-Fi 4G LTE.

Mengenai detail penawaran dan caranya, berikut penjelasannya:

  1. Lakukan proses refund terlebih dahulu dengan mengunjungi salah satu dari 28 gerai Bolt yang disediakan
  2. Nantinya pelanggan harus melakukan proses verifikasi nomor Bolt di gerai tersebut
  3. Jika verifikasi nomor berhasil dilakukan, staff costumer service akan memberikan kartu Smartfren dan membantu proses aktivasi kartu
  4. Selanjutnya, layanan internet akan langsung beralih ke Smartfren
  5. Kartu Smartfren yang diberikan adalah Now Plus dan diberikan secara gratis dengan kuota awal sebesar 6GB (2,5GB Kuota Utama dan 3,5GB Kuota Malam)
  6. Bagi pelanggan Bolt Pascabayar akan mendapatkan diskon sebesar 50% pembayaran bulan pertama dengan hanya menukarkan kartu Bolt dengan kartu pascabayar Smartfren.
  7. Untuk menggunakan kartu Smartfren, pelanggan disarankan membawa modem Bolt agar bisa dilakukan proses unlock dan dialihkan ke Smartfren.

Selain kerjasama dengan pihak Smartfren, PT. Internux juga menghadirkan penawaran khusus bagi pelanggan Bolt Home yang berada di jaringan internet kabel optik First Media dari PT. Link Net Tbk.

Pelanggan ditawarkan diskon sebesar 30% dan Double Speed Upgrade dengan masa berlangganan 12 bulan.

Selain diskon dan updage, pelanggan juga akan menikmati saluran TV kabel secara gratis selama 3 bulan.

Paket dimulai dari Rp217.300/bulan. Bagi pelanggan yang tertarik bisa menerima penawaran ini dan langsung mendaftarkan diri sesuai dengan jenis paket yang dipilih.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara refund paket dan pulsa Bolt bagi pelanggan yang masa aktif layanan masih berlaku.

Selain itu, bagi yang ingin beralih ke Smartfren dan upgrade speed ke layanan yang disediakan oleh PT. Link Net Tbk. juga bisa mengikuti tutorial yang sudah kami berikan di atas.

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan juga menjawab kebingungan pembaca sekalian yang juga pengguna Bolt. Sampai ketemu di artikel KuotaMedia selanjutnya!

Category:
Internet
Tags: