5+ Cara Aktivasi Windows 10 Pro

Bagaimana cara aktivasi Windows 10 Pro Offline dan Online ? Caranya sangat mudah apalagi jika kita memiliki product key resmi Windows 10 Pro saat pembelian laptop, komputer atau DVD Original Windows 10 Pro.

Problem utamanya adalah tidak semua orang memiliki product key Windows 10 Pro. Aktivasi Windows 10 Pro bisa dilakukan dengan dua cara yaitu online dan offline.

Umumnya bagi kalian yang memiliki product key akan diminta mengaktifkan koneksi internet ketika melakukan aktivasi, kenapa demikian karena proses ini akan di proses langsung ke Server Microsoft.

Siapa Saja Pengguna Software Windows 10 Pro

10 tahun belakangan ini Microsoft sangat gencar masuk ke berbagai perusahaan, instansi pemerintah, universitas dan sekolah agar meraka mau menggunakan produknya secara resmi. Yakni dengan dua (2) pilihan baik dengan:

1. Cara berlangganan tahunan, atau

2. Membeli lisensi per unit komputer yang digunakan untuk sekali pakai.

Terlebih lagi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) telah resmi berlaku di Indonesia sehingga membuka peluang bagi Microsoft untuk makin gencar melakukan marketing.

Agar orang yang menggunakan produk Microsoft mau menggunakanya secara Legal dengan membayar sesuai nilai yang sudah di tentukan. Tentunya dua hal tersebut memiliki keuntungan yang berbeda-beda dan tergantung bagaimana penerapanya.

Karena sudah banyak instansi terkait yang menggunakan Microsoft Windows Original maka setiap pegawai yang ada didalamnya bisa menggunakan produk Windows original secara free beserta dengan product key.

Cara Mendapatkan Lisensi Legal Windows 10 Pro dengan Gratis

Masa sih bisa dapat lisensi Windows 10 dengan gratis? bisa saja sih namun caranya tidak selalu gratis bisa dalam bentuk bundle juga, apa saja?

1. Dengan membeli Laptop atau PC yang sudah free lisensi Windows, Memang sih kita harus membeli barang dulu. Namun setelah itu kita bisa memiliki Windows secara gratis, cukup menarik kan?

2. Karyawan kantor biasanya akan mendapatkan lisensi gratis Windows 10 Pro, biasanya ini ada di Instansi pemerintah, Kampus dan juga Startup. Tinggal minta bagian IT untuk menginstallkan dan aktivasi Windows 10 Pro.

3. Pelajar atau mahasiswa biasanya juga mempunyai hak istimewa untuk mendapatkan lisensi gratis baik pada Windows dan Office seperti MS Word, Excel dan Power Point.

Nah buat sobat yang sudah memiliki dan sudah membeli windows 10 pro original maka akan sangat mudah untuk melakukan aktivasinya, ini dia cara aktivasi Windows 10 Pro versi KuotaMedia.net

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dengan Product Key Original (Online)

Bagi kalian yang membeli Microsoft Windows 10 Pro secara resmi dengan mendapatkan DVD Original atau hanya mendapatkan product key saja cara ini bisa kalian gunakan baik pengguna Windows 10 Pro 32 bit atau 64 bit.

Cek dibawah ini langkah-langkah untuk Aktivasi Windows 10 Pro dengan Produk Key Secara Online.

1. Langkah pertama laptop atau komputer yang kalian gunakan sudah terkoneksi ke internet dan pastikan dengan browsing website atau membuka youtube.

2. Klik tombol Start di pojok kiri bawah lalu pilih icon menu Settings yang berbetung seperti gear.

Cara Aktivasi Windows 10 1

3. Kita akan di bawa masuk ke Windows Settings, disini kita klik menu Update & Security.

Cara Aktivasi Windows 10 2

4. Lakukan scroll ke bawah dan klik menu Activation.

Cara Aktivasi Windows 10 3

5. Fokus pada sisi sebelah kanan kita pilih opsi Change Product Key.

Cara Aktivasi Windows 10 4

6. Pada kolom Product Key kita masukan key original dari Microsoft Windows 10 Pro yang terdiri dari 25 digit perpaduan huruf dan angka, setelah itu klik opsi Next.

Cara Aktivasi Windows 10 5

7. Lanjut klik opsi Activate untuk memulai proses aktivasi Windows 10 Pro dan tunggu beberapa saat hingga proses aktivasi selesai.

Cara Aktivasi Windows 10 6

8. Jika Aktivasi berhasil maka akan ada tampilan seperti di bawah ini yang menerangkan Windows is activated lalu klik opsi Close.

Cara Aktivasi Windows 10 7

9. Pada menu Activation tampilanya akan berubah seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Aktivasi Windows 10 8

Nah itulah cara Aktivasi Windows 10 Pro dengan menggunakan product key original, caranya sangat mudah sekali bukan.

Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menyimpan dengan aman product key tersebut agar tidak di salah gunakan oleh orang lain yang mungkin memiliki niatan buruk.

Apakah Aktivasi Menggunakan Product Key Original Hasilnya Permanen?

Tentu saja hasilnya akan permanen karena menggunakan product key resmi yang di keluarkan langsung oleh Microsoft dan di pastikan tidak akan ada masalah dibelakang hari jika digunakan secara benar.

Apakah Aktivasi Dengan Product Key Original Bisa Gagal?

Yup tentu saja, ada beberapa alasan yang menyebabkan aktivasi dengan product key original gagal:

1. Koneksi internet yang digunakan saat melakukan aktivasi tidak bagus sehingga komputer atau laptop yang akan di aktivasi gagal terhubung ke server Microsoft.

2. Product key yang akan digunakan sudah di aktivasi pada perangkat lain dan solusinya Windows pada perangkat lain tersebut harus di instal ulang. Baru selanjutnya melakukan aktivasi kembali di perangkat yang baru.

3. Windows yang digunakan terjerat masalah seperti kejahatan cyber, hacker dan sejenisnya sehingga di blokir oleh Microsoft.

Sehingga Windows tersebut tidak bisa di gunakan secara utuh di perangkat komputer manapun dan sistem utama Windows di nonaktifkan oleh Microsoft.

4. Sudah tidak berlangganan lisensi Microsoft, hal ini bisa terjadi jika kalian menggunakan lisensi volume dari perusahaan atau universitas.

Jadi ketika berhenti berlangganan maka status lisensi akan di stop dan saat melakukan instal ulang atau menginstal Windows product key sudah tidak berlaku.

Apa Perbedaan Jenis Lisensi Microsoft Yang Sering Digunakan?

Umumnya ada 3 jenis lisensi yang digunakan baik untuk peroarangan, perusahaan, instansi pemerintah dan universitas:

1. Lisensi Retail (Full Packaged Product)

Microsoft Windows dengan lisensi retail biasanya dapat kita beli di toko resmi Microsoft atau toko partner Microsoft. Ketika membeli produk ini akan mendapatkan Dus box, DVD installer, Manual Book dan Product Key untuk aktivasi.

Tetapi saat ini ketika melakukan pembelian secara online biasanya dari pihak penjual hanya akan memberikan Product Key saja yang dikirimkan ke email pribadi kita.

Windows Lisensi Retail bisa di instal berulang kali tetapi hanya bisa digunakan untuk satu perangkat komputer saja.

Jadi jika ingin digunakan pada perangkat lainya harus melakukan instal ulang Windows di perangkat yang lama dan product key baru bisa digunakan di perangkat yang baru.

Harga dari lisensi retail luar biasa mahal di situs resmi Microsoft contoh saja Windows 10 Home Rp 2.599.999,- Windows 10 Pro Rp 3.799.999,- dan Windows 10 Pro for Workstation Rp 5.699.999,-.

Tetapi jika kita cari di toko online seperi shopee, lazada, tokopedia, bukalapak dll ada yang menjual Windows 10 Pro dengan harga yang sangat murah di harga Rp 100 ribuan.

Serta respon dari pembeli adalah positif jadi sudah tidak ada alasan untuk tidak  menggunakan produk original.

2. Lisensi OEM (Original Equipment Manufacture)

Bagi kalian yang pernah membeli laptop atau komputer branded baru di toko komputer saat ini sudah plus dengan sistem operasi Windows terinstal jadi sudah siap pakai.

Dan itu adalah benar-benar Windows original dimana pihak perusaahan pembuat laptop/komputer bekerjasama langsung dengan Microsoft. Lisensi OEM sudah tertanam secara hardware jadi hanya di peruntukan bagai komputer dengan seri tersebut.

Jadi jika ada masalah bisa langsung datang ke service center produk laptop atau komputer yang digunakan seperti Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell dll.

Ciri lainya ada sebuah stiker bertuliskan dan berlogo Windows di bagian bawah laptop atau di bagian depan atau kanan kiri pada produk komputer desktop atau all in one.

Untuk product key sudah di tiadakan jadi jika ada masalah dengan OS Windows harus di selesaikan dengan clean instal di beberapa kondisi.

Bisa di instal dengan Windows yang serinya sama ataupun lebih tinggi yang banyak di jual dengan harga murah seperti pada lisensi retail. Lisensi OEM umumnya menggunakan Windows Home yang memiliki kemampuan terbatas.

Sehingga kami sarankan menggunakan Windows 10 Pro dan vendor pembuat perangkat komputer juga menyarankan hal yang sama.

Yakni agar mendapatkan pengalaman serta kemampuan yang lebih baik dari Windows Home demi keamanan dan kenyamanan pengguna itu sendiri.

3. Lisensi Volume

lisensi ini dikhususkan bagi perusahaan, pelaku bisnis, universitas dan instansi pemerintah yang memiliki komputer dan laptop dalam jumlah yang banyak 50, 100 hingga ribuan perangkat komputer.

Yang di hitung bukanlah jumlah komputer atau laptop tetapi jumlah pegawai sehingga lisensi yang di dapatkan bisa melebihi jumlah komputer yang ada, yup karena ini adalah lisensi yang ekslusif.

Karena di peruntukan untuk jumlah perangkat komputer yang banyak maka satu product key bisa digunakan untuk semua perangkat komputer secara bersamaan tanpa ada batasan instal ulang di perangkat yang sama ataupun perangkat baru.

Hal paling menarik adalah setiap pegawai juga bisa menggunakan Windows Original secara free di perangkat komputer pribadi mereka karena adanya kerjasama antara perusahaan dengan Microsoft.

Bagi Universitas selain semua perangkat komputer baik yang di lab komputer dan di ruang kerja bisa menggunakan Windows Original. Semua pegawai dan mahasiswa di universitas tersebut juga bisa menggunakan Windows Original secara cuma-cuma.

Bahkan jika kuota lisensi sudah penuh atau tercapai, pihak Universitas bisa mengajukan penambahan dan mendapat kuota tambahan secara gratis.

Ini adalah salah satu cara Microsoft untuk mendukung pendidikan di Universitas jadi pastikan bisa mendapatkan Partner Microsoft yang mau membantu dan memberikan informasi detail tentang Lisensi Volume.

Lisensi Volume juga menjamin penggunanya untuk bisa mengakses semua produk Microsoft secara gratis dimana jumlah product Microsoft yang jumlahnya mencapai ribuan untuk urusan programing, bisnis seperti Microsoft Office hingga Windows Server.

Dan semua aplikasi yang digunakan akan mendapatkan support penuh dari Microsoft, andai kata Microsoft mengeluarkan Windows terbaru maka kita akan mendapatkan free update dan ada Office terbaru maka kita juga bisa menggunakan.

Nah bagi kalian yang menggunakan Windows bajakan (tidak membeli dengan legal) biasanya di aktivasi menggunakan aplikasi pihak ketiga, aplikasi tersebut telah menyimpan banyak sekali product key Lisensi Volume dari berbagai sumber di seluruh dunia.

Sehingga Windows yang digunakan menjadi Legal karena menggunakan product key yang legal, namun adakalanya proses aktivasi gagal ataupun jika berhasil dilain waktu akan di minta untuk di aktivasi ulang.

Apakah Product Key Windows 10 Pro Bisa Digunakan Di Windows Versi Lainya?

Tidak bisa, product key Windows 10 Pro yang di dapatkan hanya bisa digunakan untuk Windows 10 Pro yang kita miliki saja.

Bahkan tidak bisa digunakan untuk Windows 10 Pro bajakan, contoh fakta jika ada 70 perusahaan sama-sama memiliki lisensi Microsoft dan sama-sama menginstal Windows 10 Pro.

Dapat kami pastikan seri installer Windows yang digunakan tidak ada yang sama begitu pula dengan product key yang digunakan. Jadi setiap sistem operasi dan semua aplikasi Microsoft memiliki seri serta product key yang berbeda-beda.

Ciri-ciri Windows Bajakan Atau Perlu Di Aktivasi?

1. Munculya Watermark yang bertuliskan Activate Windows dipojok kanan bawah tepat di atas taksbar yang berisi jam, tanggal, sound, network dll. Untuk beberapa saat adanya watermark mungkin tidak mengganggu tapi lama kelamaan akan mengganggu.

Dimana watermark akan selalu terlihat ketika kita membuka aplikasi apapun dan bisa jadi menghalangi beberapa menu atau informasi dan adanya tulisan Activate Windows.

Membuat kita tidak peda menggunakan laptop di tempat umum, apalagi jika orang lain tau arti dari tulisan Activate Windows.

2. Semua fitur Personalize terkunci sehingga urusan mempercantik tampilan Windows tidak bisa dilakukaan seperti Background, Lockscreen, Colors, Themes, Start dan Taksbar.

3. Ketika lama tidak di aktivasi maka beberapa aplikasi tidak akan bisa digunakan sama sekali dan banyak masalah yang bermunculan.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Via KMS Auto Lite

Membeli lisensi Windows Original dirasa mahal bagi sebagian orang dan lebih banyak orang mengatakan sangat mahal bahkan harga lisensi senilai dengan sebuah laptop atau komputer baru di toko komputer.

Berdasarkan pengalaman melakukan Activator Windows 7 seri apapun sangatlah mudah tetapi melakukan Activator Windows 10 series lebih rumit karena memiliki sistem yang jauh berbeda.

Apa itu Acticator KMS Auto Lite

Hadirnya KMS Auto Lite memberikan angin surga bagi pengguna Windows, biaya lisensi yang mahal membuat orang banyak menggunakan aplikasi Activator pihak ketiga agar Windows bisa teraktivasi secara legal.

Walaupun mungkin caranya tanpa membeli lisensi ke toko Microsoft atau toko partner Microsoft. Sebenarnya ada begitu banyak aplikasi Activator tetapi KMS Auto Lite lebih banyak digunakan karena sifatnya yang portable.

Jadi aplikasi tidak perlu di instal ke laptop atau komputer, cukup bermodalkan flasdisk saja maka kita bisa melakukan aktivasi Windows dimana saja dengan mudah.

Aplikasi aktivasi paling aman adalah menggunakan Activator berdasarkan mesin KMS. Cara ini bisa digunakan untuk Windows seri lainya dengan cara yang sama, inilah Cara Aktivasi Windows 10 Pro menggunaka KMS Auto Lite.

1. Download dulu aplikasi KMS Auto Lite terbaru DISINI.

2. Setelah selesai di download sekarang matikan koneksi internet, jika menggunakan WiFi bisa dengan di disconnect dan jika menggunakan kabel Lan bisa di disable interfacenya atau cabut kabel Lan.

3. Kami anggap kalian baru saja selesai menginstal Windows 10 Pro atau Windows seri lainya maka perlu di nonaktifkan terlebih dahulu Windows Defender Security atau jika sudah memasang antivirus lainya silahkan di nonaktifkan juga.

Untuk menonaktifkan Windows Defender Security caranya klik icon Windows Defender pada taskbar di sebelah kanan bawah dimana lokasinya sama dengan jam, network, sound dll.

Cara Aktivasi Windows 10 9

4. Selanjutnya pilih opsi menu Virus & threat protection.

Cara Aktivasi Windows 10 10

5. Lalu scrol ke bawah dan pilih opsi Virus & threat protection settings.

Cara Aktivasi Windows 10 11

6. Fokus pada menu Real-time protection, posisinya saat ini aktif atau On. Yang perlu di lakukan adalah memilih opsi tersebut sehingga berubah menjadi Off.

Cara Aktivasi Windows 10 12

7. Ada pertanyaan Do you want to allow this app to make changes to your device? Kita pilih opsi Yes dan sampai pada langkah ini maka Windows Defender Security sudah tidak aktif.

Cara Aktivasi Windows 10 13

8. Saatnya masuk ke aplikasi KMS Auto Lite yang sudah di download dan di ekstrak, penampakan aplikasinya seperti gambar dibawah. Untuk menjalankan aplikasi ini kalian harus tahu berapa bit jenis sistem operasi Windows yang di gunakan.

Jika menggunakan Windows 10 Pro 64 bit  maka yang dijalankan adalah KMSAuto x64 dan jika sistem operasi yang digunakan adalah Windows 10 Pro 32 bit maka yang kita jalankan aplikasi KMSAuto.

Cara Aktivasi Windows 10 14

9. Kebetulan kami menggunakan versi 64 bit jadi kami harus menjalankan KMSAuto x64, lakukan klik kanan pada aplikasi KMSAuto x 64 lalu pilih opsi Run as administrator.

Cara Aktivasi Windows 10 15

10. Setelah aplikasi KMS Auto Lite terbuka kita pilih opsi Instal Keys.

Cara Aktivasi Windows 10 16

11. Disini antar muka aplikasi akan berubah, langsung saja pilih opsi Windows GVLK.

Cara Aktivasi Windows 10 17

12. Ada pertanyaan berkaitan dengan Installing Keys, pilih opsi Yes maka secara otomatis aplikasi KMS Auto Lite akan mencari Key yang sesuai dan memasangnya ke sistem operasi Windows.

Cara Aktivasi Windows 10 18

13. Nah ini adalah tampilan dari berhasilnya product key yang di pasang dari aplikasi KMS Auto Lite dan bisa kita lihat bahwa Product Key Instalation Successful.

Cara Aktivasi Windows 10 19

Jika sudah sukses maka semua aplikasi yang masih aktif bisa di close satu per satu lalu lakukan restart Windows dan viola Windows yang digunakan sudah berhasil teraktivasi.

Sehingga status Windows 10 Pro yang digunakan saat ini sudah legal dan semua fitur yang tadinya terkunci sekarang sudah terbuka.

Apakah Bisa Aktivasi Windows Server Dengan KMSAuto Lite?

Yup bisa sekali, karena dengan menggunakan KMS Auto Lite versi 1.5 ataupun versi sebelumnya kalian tetap bisa melakukan aktivasi. Hanya saja dengan versi terbaru sudah bisa aktivasi Windows Server 2019 dan Microsoft Office 2019.

Apakah Bisa Aktivasi Windows dan Office Secara Bersamaan?

Tidak bisa, jadi harus satu per satu dan kami sarankan melakukan aktivasi Sistem Operasi Windows terlebih dahulu baru berlanjut ke Office lalu kalian bisa restart laptop atupun komputer kalian.

Bisakah Mengecek Status Aktivasi Langsung Dari Aplikasi KMS Auto Lite?

Bisa, caranya ketika aplikasi KMS Auto Lite terbuka kalian fokus pada menu Main Window di situ ada Information lalu klik saja opsi menu Windows untuk melihat Licensi Status.

Apakah sudah terlisensi atau belum dan lakukan cara yang sama untuk melihat Licensi Status Office.

Bagaimana Jika Aplikasi KMS Auto Lite Tidak Berfungsi Dengan Seharusnya?

Jika kalian mengalami hal ini biasanya adalah karena adanya kekurangan program Windows yang digunakan sehingga diharuskan menginstal program Net Framework versi 4.

Sudah Instal Key Tetapi Status Windows Masih Ilegal, Solusinya Bagaimana?

Buka kembali aplikasi KMS Auto Lite lalu klik opsi Activate Windows dan tunggu hingga selesai prosesnya atau Activated. Restart Windows lalu cek kembali status aktivasinya jika sudah ter Activated berarti sudah berhasil.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Dengan KMSpico

Teruntuk bagi kalian yang masih awam untuk urusan Aktivasi Windows alias pemula bisa menggunakan Activator versi KMSpico. Cara penggunaanya jauh lebih mudah dari pada KMS Auto Lite, walaupun sama-sama versi portable.

KMSpico memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan terkadang lebih besar tetapi fungsi serta kemampuanya tetap sama, bahkan untuk melakukan Aktivasi hanya perlu dengan meneka satu tombol saja dan semua proses Aktivasi akan berjalan secara otomatis.

Selain versi portable ada juga versi instalnya yang ukuranya jauh lebih kecil, untuk kali ini kami akan menggunakan versi yang portable. Inilah Cara Aktivasi Windows 10 Pro dengan KMSpico.

1. Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi KMSpico DISINI, setelah di download langsung saja di extract.

2. Selanjutnya matikan koneksi internet dan antivirus yang dipasang, jika belum memasang antivirus maka matikan Windows Defender Security dan untuk caranya kalian bisa lihat artikel di atas.

Jika Windows Defender Security tidak di disable maka aplikasi KMSSpico akan di karantina dan tidak bisa digunakan.

3. Masuk ke dalam folder KMSpico lalu buka folder KMSpico Portable, selanjutnya klik kanan pada aplikasi KMSELDI dan pilih Run as administrator.

Cara Aktivasi Windows 10 20

4. Setelah aplikasi KMSpico terbuka kalian pilih opsi Tombol Merah Besar.

Cara Aktivasi Windows 10 21

5. Tunggu beberapa saat hingga proses Aktivasi Windows 10 Pro selesai dilakukan. Setelah Aktivasi selesai dilakukan maka aplikasi KMSpico akan tertutup tanpa adanya konfirmasi Aktivasi berhasil ataupun gagal.

Namun ada juga yang mendapatkan informasi atau pesan suara atas keberhasilan Aktivasi.

6. Untuk mengecek berhasil tidaknya proses Aktivasi Windows 10 Pro maka kita perlu mengeceknya langsung pada system. Caranya masuk ke File Explorer lalu klik kanan pada This PC dan pilih opsi Propertis.

Cara Aktivasi Windows 10 22

7. Berikut ini adalah bukti jika Windows 10 Pro sudah berhasil di Aktivasi, pada yang kami beri kotak merah ada info jika Windows is activated.

Cara Aktivasi Windows 10 23

Ketika kalian sudah mendapatkan informasi seperti pada gambar maka kami ucapkan selamat karena Windows 10 Pro akan bisa digunakan dengan bebas.

Tanpa takut akan adanya fitur yang dibatasi dan kalian juga bisa update setiap ada pembaharuan di Windows 10 Pro.

Kenapa KMSpico Paling Mudah Digunakan Untuk Aktivasi Windows?

Karena paling khusus dibuat untuk penggunaan portable sehingga penggunaanya pun sangat mudah hanya cukup satu kali menekan Tombol Merah saja.

Memiliki Product Key yang sedikit tetapi tetap akurat sehingga berhasil melakukan Aktivasi Windows 10 Pro dan khusus di buat untuk pengguna pemula.

Apa Saja Fitur Utama KMSpico Yang Membuatnya Sangat Portable?

Ada 3 fitur utama yang di terapkan pada aplikasi KMSpico yaitu:

  1. Aktivasi Otomatis. Aplikasi KMSpico bisa dengan mudah menangani Aktivasi Windows 7, 8 dan 8.1. tetapi juga sangat efektif untuk Aktivasi Windows 10 series dan dimungkinan untuk mengaktivasi Microsoft Office 2010 – 2016 dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.
  2. Membuat Cadangan. Aplikasi KMSpico dapat membuat cadangan berupa file dari lisensi produk untuk memulihkan lisensi produk jika terjadi sebuah kesalahan dalam proses aktivasi.
  3. Pemasangan Kunci Manual. Dimungkinkan untuk mengintal kunci yang dibuat secara acak dan terpisah untuk setiap produk Microsoft seperti Windows dan Office. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi KMSpico adalah keuntungan utamanya yang tidak ada pada KMS lainyan.

Apakah Setelah Selesai Melakukan Aktivasi Windows 10 Pro Akan Restart Otamatis?

Tidak, bahkan kalian tidak perlu melakukan rertart karena ketika berhasil teraktivasi Windows sudah dalam status Full Aktivated dan bisa digunakan secara normal.

Apakah Aplikasi KMSpico Selalu Berhasil Melakukan Aktivasi?

Sayangnya walaupun memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi ternyata aplikasi KMSpico tidak selalu berhasil melakukan Aktivasi.

Kemungkinan ada beberapa kesalahan yang tidak dapat diperbaiki oleh Aktivator sehingga kami sarankan menggunakan KMS Auto Net yang memiliki tingkat keberhasilan tertinggi.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Menggunakan Aplikasi KMSAuto Net

Aplikasi Activator utama yang di sarankan oleh KMS kepada seluruh para penggunanya adalah KMSAuto Net, tingkat keberhasilan Aktivasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan aplikasi KMS lainya.

Menjadi kunci utama mengapa KMSAuto Net sangat disarankan tanpa melihat level penggunanya. KMSAuto Net pada awalnya di ciptakan untuk Aktivasi Windows 8 yang ketika itu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Sehingga tidak bisa di Aktivasi dengan sembarangan aplikasi, sejak saat itu aplikasi ini selalu di sempurnakan dan saat ini bisa juga untuk Aktivasi Windows dan Office.

Keunggulan aplikasi KMSAuto Net adalah bisa digunakan untuk Aktivasi Windows 7 Series, Windows 8 Series, Windows 10 Profesional, VL, Home, Enterprise, dan Education. Ini cara aktivasi Windows 10 Menggunakan KMSAuto Net.

1. Download aplikasi KMS Auto Net DISINI lalu extract.

2. Matikan Windows Defender Security dan untuk caranya kalian bisa pada tutorial paling pertama di atas.

3. Jalankan aplikasi KMS Auto Net yang sudah di download sebelumnya dengan cara klik kanan pada KMS Auto Net lalu pilih opsi Run As Administrator.

Cara Aktivasi Windows 10 24

4. Setelah aplikasi terbuka langsung pilih opsi Activation.

Cara Aktivasi Windows 10 25

5. Selanjutnya pilih opsi Activate Windows tunggu beberapa saat hingga muncul informasi selanjutnya.

Cara Aktivasi Windows 10 26

6. Akan ditampilkan jendela baru yaitu Forced GVLK Installation, ada banyak informasi yang bisa di dapatkan seperti nama Windows, Deskripsi, Partial Key dan Default Key yang akan digunakan untuk mengaktivasi Windows 10 Pro. Lanjut pilih opsi Continue.

Cara Aktivasi Windows 10 27

7. Langkah terakhir pilih opsi Yes nantinya akan dibuatkan jadwal setiap 10 hari sistem operasi akan diaktifkan ulang dengan otomatis.

Cara Aktivasi Windows 10 28

8. Berikut ini adalah bukti nyata jika Windows 10 Pro sudah berhasil di Aktivasi.

Cara Aktivasi Windows 10 29

9. Untuk lebih memastikan jika Aktivasi sudah berhasil, silahkan buka File Explorer – klik kanan pada This PC lalu pilih Properties. Fokus pada bagian bawah di Windows Activation, disitu terlihat bahwa status Windows is activated.

Cara Aktivasi Windows 10 30

Sekarang kalian sudah bebas menggunakan Windows 10 Pro karena sudah menjadi versi Legal dimana semua fitur bisa dinikmati.

Yakni Seperti mengganti backgroud, mengganti tema hingga mengupdate Windows 10 Pro agar lebih canggih lagi baik sistemnya, keamananya serta tampilanya.

Mengapa Mode Aktivasi Manual Sangat Tidak Disarankan Untuk Pengguna Yang Tidak Berpengalaman?

Alasanya adalah konfigurasi yang salah mengakibatkan gagalnya proses Aktivasi dan bisa juga berakibat hilangnya periode uji coba Windows secara keseluruhan.

Pentingkah Memasang Aplikasi Net Framework 4.x Sebelum Menggunakan KMSAuto Net?

Tentu saja hal tersebut sangat disarankan, dengan adanya Net Framework 4.x maka kinerja dari KMSAuto Net akan berfungsi dengan maksimal.

Pada dasarnya banyak aplikasi yang membutuhkan Net Framework untuk tujuan yang sama dengan KMSAuto Net.

Apa Penyebab Utama Kegagalan Aktivasi Windows 10 Pro dan Windows Seri Lainya?

Kegagalan sudah dimulai ketika aplikasi KMS Auto Net dijalankan hanya dengan di double klik atau klik kanan open.

Seharusnya dijalankan dengan cara klik kanan lalu pilih Run as administrator, mode ini adalah mode menjalankan aplikasi dengan izin dari Administrator.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Via Aplikasi AAct Portable

AAct menjadi aplikasi aktivator yang cukup banyak digunakan, aplikasi ini hanya memiliki satu buah versi yaitu AAct Portable sehingga untuk menggunakanya tidak perlu di instal dan proses Aktivasi itu sendiri bisa langsung dilakukan dari flasdisk.

Nama AAct Portable memang kurang populer dibandingkan aplikasi KMS lainya, namun peforma yang ditawarkan bahkan bisa dibilang lebih baik untuk urusan keberhasilan Aktivasi. Ukuran aplikasi ini lebih kecil dari aplikasi sejenis.

Penggunaan yang mudah serta keberhasilan Aktivasi menjadi andalan dari aplikasi Activator AAct Portable walaupun aplikasi KMS lainya juga memiliki keberhasilan yang sama.

Berdasarkan pengalaman kami bedanya hanya sedikit saja dari segi fitur dan komponen lainya. Langsung saja akan kami perlihatkan cara menggunakan Activator AAct Portable untuk aktivasi Windows 10.

1. Untuk langkah pertama download aplikasi AAct Portable DISINI, setelah selesai silahkan di extract.

2. Masuk ke folder AAct, jika kalian menggunakan Windows 10 biasa atau versi 32 bit maka pilih aplikasi AAct.

Jika kalian menggunakan Windows 10 Pro 64 bit seperti yang kami gunakan maka klik kanan pada aplikasi AAct_x64 lalu pilih opsi Run As Administrator. Ada pertanyaan di Yes saja.

Cara Aktivasi Windows 10 31

3. Setelah aplikasi terbuka pilih opsi Windows Activation di sebelah kiri dan tunggu hingga proses Activation Complete.

Cara Aktivasi Windows 10 32

4. Berikut penampakan Activation Complete pada aplikasi AAct Portable.

Cara Aktivasi Windows 10 33

5. Nah ini adalah bukti berhasilnya Aktivasi yang bisa kita lihat pada View Basic Information About Your Computer.

Cara Aktivasi Windows 10 34

Aplikasi AAct Portable walaupun kecil ukuranya tetapi hasilnya bisa kalian lihat sendiri, Windows 10 Pro yang kami gunakan sukses di Aktivasi tanpa ada problem sama sekali ketika proses Aktivasi dilakukan dan Windows pun sudah menjadi Legal.

Dengan menggunakan aplikasi AAct Portable kita bisa mengetahui semua informasi detail mengenai Windows yang digunakan, tapi ada syaratnya yaitu aplikasi AAct Portable harus dijalankan dengan Run As Administration.

Sama seperti aplikasi Activator KMS lainya yang bisa melakukan Aktivasi Windows dan Office secara bersamaan, aplikasi AAct Portable memiliki kemampuan yang sama.

Bersaamaan disini buka jalan bersamaan ya, jadi Windows dulu yang di Aktivasi dan selanjutnya baru Office.

Apa Alasanya Harus Menggunakan Aplikasi AAct Portable?

Semua ini kami ceritakan berdasarkan pengalaman kami selama ini dalam melakukan Aktivasi Windows Series.

  1. Ukuran aplikasi yang kecil serta sifatnya yang portable.
  2. Semua informasi tentang Windows di infokan dengan detail.
  3. Proses Aktivasi selalu berjalan sempurna dan kami sama sekali belum pernah gagal satu kalipun ketika melakukan Aktivasi dengan aplikasi ini.
  4. Tidak pernah muncul error ketika melakukan aktivasi.
  5. Bisa melakukan aktivasi tanpa harus mengintal product key terlebih dahulu karena ketika proses Aktivasi berlangsung sudah sekaligus menginstal product key.
  6. Memiliki lima metode Aktivasi yaitu metode WinDivert, Hook, TAP, Auto Mode dan On-Line KMS.

Ada 2 Fitur Utama Yang Dimiliki AAct Portable

  1. Activation with a high success rate, AAct Portable mendapatkan pujian karena tingkat efisiensinya hampir seratus persen. Kita bisa mengaktivasi Windows dan Office seri apapun tanpa memerlukan tindakan tambahan yang menyulitkan pengguna.
  2. Built-in antivirus management, aplikasi AAct memiliki tombol yang difungsikan untuk menonaktifkan aplikasi antivirus saat Aktivasi dilakukan sehingga tidak perlu bersusah payah menonaktifkan antivirus dari aplikasi intinya.

Tips Memilih Aplikasi Aktivator Terbaik

Dari aplikasi KMS sendiri telah meyediakan 5 macam model aplikasi yang diperuntukan untuk Aktivasi Windows.

Setiap aplikasi Activator tersebut memiliki kelebihan yang berbeda-beda, jadi harus di sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan yang kalian miliki.

Berikut ini beberapa hal tips yang bisa dijadikan sebagai acuan agar Windows yang kalian gunakan selalu berhasil di Aktivasi:

  1. Download file iso Windows di situs resmi Microsoft dengan menggunakan aplikasi bantuan yang bisa kalian download di https://www.heidoc.net/joomla/technology-science/microsoft/67-microsoft-windows-iso-download-tool.
  2. Download aplikasi Vmware di https://www.vmware.com/id/products/workstation-player/workstation-player-evaluation.html. Aplikasi ini kita gunakan untuk uji coba Windows secara virtual sebelum di instal langsung ke laptop.
  3. Download aplikasi KMS series di https://kms-auto.site/. Jadi setelah menginstal Windows dengan menggunakan VMware, kita bisa melakukan Aktivasi dengan menggunakan salah satu aplikasi KMS. Ketika mendapatkan aplikasi yang sesuai maka jadikan sebagai patokan utama.
  4. Kalian juga bisa membuat folder di laptop atau komputer kalian, Contoh : jika menginstal Windows 10 Education untuk Aktivasinya menggunakan aplikasi KMSspico, jika instal Windows 10 Pro untuk Aktivasinya menggunakan KMS Auto Lite.
  5. Sistem Operasi Microsoft Windows selalu mengalami pembaharuan baik sebulan sekali atau 3 bulan sekali dan seterusnya. Jika ingin selalu menggunakan Windows terbaru untuk laptop atau komputer baru pastikan kalian selalu mengulangi langkah no 1 sampai 4 agar selalu berhasil dalam melakukan Aktivasi.

Cara Mudah Mengetahui Windows 10 Pro Sudah Terpasang

Pada Server Microsoft keaslian product key yang dimasukan untuk aktivasi akan di proses dan jika product key yang dimasukan benar maka akan ada keterangan jika Aktivasi Windows telah aktif.

Serta embel-embel transparan di pojok kanan bawah tentang Activate Windows Go to Settings Activate Windows akan hilang.

Dulu saat membeli laptop dengan Windows Original pasti di bagian bawah laptop akan ada sebuah stiker resmi dari Microsoft yang bertuliskan jenis Windows yang terpasang beserta product key.

Tapi sepertinya hal tersebut malah menjadi bumerang bagi Microsoft. Kami katakan sebagai bumerang karena orang-orang yang tidak mampu membeli lisensi Microsoft Windows dapat mengetahui dan menyimpan product key tersebut.

Yakni untuk komunitas mereka dan akhirnya stiker product key di hilangkan dan diganti dengan stiker logo Windows saja. Walaupun banyak hal yang dilakukan Microsoft untuk menghalangi tindakan ilegal dalam aktivasi Windows.

Ternyata tidak semuanya berjalan dengan baik. Hingga artikel ini kami buat, orang-orang di luar sana termasuk kalian wkwkwk masih bisa melakukan Aktivasi Windows 10 Pro tanpa memiliki product key original.

Mengapa Microsoft tidak mengatasi masalah Aktivasi ini secara penuh? Hanya Microsoft sendiri yang tahu jawabanya dan atau ini sebuah cara Microsoft agar produknya di kenal luas dan dipakai banyak perorangan atau perusahaan.

Microsoft Windows sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan juga paling banyak di bajak, tetapi kalian harus bersyukur dengan adanya Microsoft Windows semua kegiatan kalian menjadi mudah dan mungkin kalian akan tertarik menggunakan versi originalnya suatu saat nanti.

Solusi Mengatasi Kegagalan Aktivasi Windows di Laptop & PC

Ketika melakukan Aktivasi ada kalanya selalu mengalami kegagalan dalam versi Windows apapun, saat kalian mengalami permasalahan seperti ini tidak perlu khawatir dan kecewa.

Langkah-langkah diatas kami buat dengan sebenarnya dan sudah melalui percobaan dengan berbagai brand laptop dan Windows yang berbeda-beda.

Dari pengalaman kami ada yang langsung berhasil, ada juga yang gagal dan di beberapa kasus harus dilakukan berulang kali hingga pada akhirnya proses Aktivasi berhasil dilakukan.

1. Kegagalan proses Aktivasi dikarenakan aplikasi KMS Activator di anggap sebagai Virus/HackTool oleh Windows Defender Security dan Antivirus lainya juga memberikan informasi yang sama.

Nah status level Virus/HackTool di sini berada pada tingkatan yang High atau tinggi. Posisinya hanya baru terdeteksi saja dan Antivirus belum menghapus atau mengkarantina aplikasi KMS Activator jadi aplikasi tersebut tetap bisa digunakan.

2. Ketika sobat mengalami banyak kegagalan dalam proses Aktivasi maka saran terbaik dari kami adalah gunakan aplikasi KMS Auto Lite seperti pada tutorial pertama.

3. Kami tidak menggunakan Antivirus lain selain Windows Defender Security yang memang sudah menjadi aplikasi bawaan Windows.

4. Kami sama sekali tidak mendisable Windows Defender Security, jadi kami biarkan dia bekerja sesuai dengan fungsinya tanpa kami batasi sedikitpun tetapi jika ingin di disable juga bisa.

5. Selanjutnya laptop ataupun komputer kami hubungkan ke internet dengan koneksi yang cepat dan stabil. Dilanjutkan dengan menjalankan aplikasi KMS Auto Lite lalu pada menu Main Window kami pilih opsi Activate Windows.

6. Disini aplikasi KMS Auto Lite akan bekerja untuk menginstal Product Key dan terhubung ke KMS Server untuk melakukan Aktivasi.

Jika Aktivasi Error Apa yang Harus dilakukan?

Aplikasi KMS akan mencoba lagi dan lagi dengan cara lain. Nah kalo ada permintaan menginstal aplikasi Tap Adapter, kalian pilih opsi Instal.

Proses Aktivasi akan berlanjut dan aplikasi KMS Auto Lite akan terhubung dengan server KMS lainya. Ada 7 server KMS yang digunakan, pada tahap ini kita tinggal menunggu saja hingga akhirnya ada keterangan Activation Successful.

Kami ingatkan lagi jika selama proses Aktivasi ada permintaan harus menginstal aplikasi tertentu untuk keberhasilan Aktivasi maka instal dan ijinkan proses tersebut.

Kenapa Windows Defender Security Tidak Di Disable Atau Di Nonaktifkan?

Jawabanya mudah, karena KMS Auto Lite memiliki fitur yang bernama Bypass Anti-Virus Protection sehingga tidak akan menggangu kinerja dari Windows Defender Security maupun Antivirus lainya.

Jjika kalian menginstal Antivirus seperti Avast, AVG, Avira, Kaspersky, Zone Alarm, Panda, Sophos Home dll.

Jika artikel Aktivasi Windows 10 secara gratis dirasa sangat bermanfaat bagi kalian maka kami sangat senang jika kalian bisa share artikel ini ke semua media sosial milik kalian.

Category:
Windows