Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Firefox

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Firefox. Siapa sih yang tidak tau Internet Download Manager atau yang biasa disingkat IDM? Bagi yang suka download video, khususnya video-video Youtube, pasti tau aplikasi ini. Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang ingin sekali download video Youtube yang notabene-nya tidak bisa didownload dan disimpan ke galeri.

Dulu saat awal-awal booming IDM, orang-orang sangat tertarik dengan IDM karena dari aplikasi yang ada, tidak ada yang secanggih IDM. IDM mudah digunakan dan memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi cepat sekali populernya. Sampai hari ini, IDM masih menjadi yang terbaik untuk download video atau konten lainnya.

Kehadiran IDM benar-benar memudahkan urusan download. Namun seringkali dalam beberapa kasus, ada yang sudah install IDM tapi IDM-nya malah tidak muncul di browser. Nah, kali ini kami akan bahas semuanya, termasuk cara mengatasi IDM tidak muncul di Firefox atau browser lainnya. Simak terus postingan kali ini sampai selesai ya!

Apa itu IDM?

Internet Download Manager atau disingkat IDM adalah aplikasi untuk download berbagai tipe video. Jika normalnya kita tidak bisa download video Youtube dan menyimpannya di galeri laptop/PC, melalui aplikasi IDM itu bisa dilakukan. Biasanya IDM akan muncul secara otomatis setiap kali ada konten yang berbasis video.

Sejak kemunculannya, IDM menjadi primadona bagi mereka yang suka download film tanpa harus ribet-ribet lagi copy paste ke situs untuk download film. Kebanyakan cara-cara download film selain menggunakan IDM seringkali tidak praktis, makanya orang lebih suka menggunakan IDM dengan keunggulannya yang sampai saat ini belum ada duanya.

Kegunaan dan Kelebihan IDM

Berbicara kegunaan dan kelebihan IDM, tidak melulu hanya untuk download video lho. Pokoknya kalau sudah download dan install aplikasinya di browser kamu, segala aktivitas download biasanya akan secara otomatis menggunakan IDM, termasuk download dokumen/pdf, lagu, dan video.

Beberapa kelebihan IDM di antaranya:

  1. Pengaturan tidak ribet. Pengaturan IDM sebenarnya tidak ribet, meskipun menunya cukup banyak yang membuatnya jadi terkesan ribet. Kamu tidak perlu membuat pengaturan yang ribet, hanya sesuai yang kamu perlukan saja.
  2. Tombol download IDM muncul secara otomatis pada konten-konten video yang kita akses menggunakan browser tanpa harus ribet-ribet buka aplikasi IDM lagi.
  3. Ketika download video/file lain menggunakan IDM, kamu juga bisa membatasi bandwith-nya.
  4. Ada fitur resume. Fungsinya jika kamu sedang terburu-buru atau tidak bisa download file/video sampai selesai dalam sekali duduk, kamu bisa menggunakan fitur ini dan melanjutkannya lagi nanti.
  5. IDM memungkinkan kamu untuk memilih kualitas dan tipe video yang diinginkan.
  6. Konten yang didownload melalui IDM terbebas dari virus. Jika ada virus yang terdeteksi, IDM akan memberikan notifikasi.

Mengapa IDM Tidak Muncul di Firefox

Biasanya, jika kita sudah install aplikasi IDM di laptop kita, nantinya dia akan muncul dengan sendirinya setiap kali membuka konten yang ada videonya. Jadi, kita tidak perlu lagi harus membuka-buka lagi aplikasi IDM.  Namun, seringkali ada juga yang mengalami IDM tidak muncul meskipun sudah berkali-kali di refresh page.

Alasan utamanya bisa jadi ada dua. Yang pertama, aplikasi IDM yang kamu install bukan versi terupdate/terbaru atau belum full version. Biasanya setiap kita menggunakan IDM, akan muncul notifikasi untuk update versi IDM terbaru jika memang versi terbaru sudah ada. Jika kamu belum mengupdate-nya maka biasanya IDM tidak muncul meskipun sudah refresh page berkali-kali.

Alasan yang kedua, yaitu karena extension IDM di browser tidak Enable. Meskipun kamu sudah download dan install IDM di browser Firefox namun tetap tidak akan berjalan jika extension-nya masih belum di-enable-kan.

Alasan lainnya bisa juga karena terdeteksi virus dan browser yang kamu gunakan tidak mendukung IDM. Tapi kamu tenang saja, kami akan memberikan solusinya. Mengenai solusi mengatasi IDM tidak muncul di Firefox akan dibahas di subtopik selanjutnya setelah ini ya…

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Firefox

Jika kamu sudah install IDM namun ternyata tombol download tidak muncul di browser yang kamu gunakan, bisa jadi karena pengaturannya. Kali ini kami akan memberikan cara khusus bagi pengguna browser Firefox. Solusi yang kami sampaikan berikut ini tergantung dari penyebab IDM tidak muncul seperti yang sudah dibahas di subtopik sebelumnya.

Jika IDM yang kamu gunakan belum versi terupdate, maka solusinya kamu harus update IDM kamu ke versi terbaru. Tapi sebelum itu perhatikan juga apakah IDM kamu full version atau bukan. Jika bukan, maka kamu harus download yang full version.

Sedangkan untuk mengatasi IDM yang tidak muncul di Firefox karena extension/ekstensi belum Enable, maka kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Buka Mozila Firefox, klik menu bar (garis 3) di sebelah kanan atas.
  • Klik menu Pengaya/Add-Ons
  • Pilih menu Ekstensi/Extension. Klik tombol matikan/disable lalu aktifkan lagi/Enable
  • Selesai

Jika terdeteksi virus, maka kamu harus uninstall IDM lalu install ulang. Umumnya virus menyerang ekstensi .exe sehingga tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya.

Selanjutnya, mengatasi IDM tidak muncul karena browser tidak mendukung IDM bisa dengan melakukan pengaturan pada aplikasi IDM. Caranya yaitu buka IDM lalu pilih menu General. Beri centang pada Mozila Firefow pada bagian Capture download from the following browsers. Jika kamu memiliki lebih dari satu browser, kamu juga bisa beri centang.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada artikel ini mengenai cara mengatasi IDM tidak muncul di Firefox. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Category:
Tips dan Trik