Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint

Buat sobat yang ingin mengunci WhatsApp menggunakan fingerprint atau pola password dan tidak paham caranya untuk mengunci aplikasi termasuk WA bisa melihat cara ini.

Dengan update terbaru aplikasi WhatsApp kita sudah bisa mengunci WA menggunakan fingerprint walaupun beberapa merk HP juga bisa mengunci Aplikasi bawaan fitur mereka.

Fitur kunci sidik jari atau fingerprint sepertinya menjadi goal bagi WA di tahun ini, dengan ini WhatsApp memiliki tingkat keamanan yang berlipat jika kita bandingkan dengan aplikasi sejenis.

Sejak awal WhatsApp sangat konsen terhadap keamanan penggunanya, sebelum ada fitur kunci sidik jari di WA sudah ada fitur enkripsi end-to-end dan verifikasi dua langkah.

Jadi sekarang WhatsApp sudah memiliki tiga tingkat keamanan, Kita ketahui bersama bahwa sidik jari merupakan teknologi yang digunakan untuk pengamanan HP bahkan sudah ada Iris Scanner.

Walaupun demikian fitur kunci sidik jari tetap memberikan keamanan berlipat pada aplikasi WA karena fitur ini belum ada pada aplikasi lain. Jadi inilah cara mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint dibawah ini

Cara Mengunci WhatsApp “WA” Menggunakan Fingerprint / Sidik Jari

Fitur Keamaan yang tertanam dan kemudahan serta luasnya pengguna menjadi salah satu yang menyebabkan pengguna aplikasi WhatsApp selalu bertambah.

Yuk langsung saja kita bahas aplikasinya dengan detail yakni cara mengunci WhatsApp “WA” menggunakan Fingerprint atau sidik jari:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan aplikasi whatsapp terbaru. Caranya kita buka aplikasi Google Play Store lalu cari dan perbarui aplikasi whatsapp.

2. Setelah whatsapp berhasil diperbarui jalankan aplikasinya lalu pilih opsi Titik Tiga di pojok kanan atas.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 1

3. Selanjutnya pilih opsi menu Setelan.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 2

4. Lanjut kita pilih opsi menu Akun.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 3

5. Lalu masuk ke opsi menu Privasi.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 4

6. Pada menu Privasi kita lakukan scrol ke bawah dan diposisi paling bawah kita pilih opsi menu Kunci Sidik Jari.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 5

7. Posisi menu Buka kunci dengan sidik jari masih off ya, sekarang kita pilih saja tombol untuk mengaktifkan fitur Kunci sidik jari.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 6

8. Pada tahap ini kita harus mengkonfirmasi Sidik Jari yang akan digunakan, silahkah tempelkan jari manapun sesuai keinginan kita pada sensor sidik jari yang ada pada hp.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 7

9. Setelah Sidik Jari berhasil di konfirmasi maka akan ada beberapa menu tambahan seperti opsi Kunci secara otomatis dan Tampilkan konten di pemberitahuan.

Nah pada tahap ini kita hanya perlu merubah setelan kunci secara otomatis jadi pilih opsi Segera.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 8

10. Nah inilah hasilnya setelah kita pilih opsi Segera, hal ini dimaksudkan agar whatsapp langsung terkunci setelah kita keluar dari aplikasi whatsapp.

Lalu sekarang kita uji coba dengan keluar dari aplikasi whatsapp.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 9

11. Ini adalah penampakan Whatsapp Terkunci dan untuk membukanya harus dengan menempelkan sidik jari yang sudah di konfirmasi sebelumnya.

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint 10
Dengan konfigurasi diatas sekarang aplikasi WhatsApp sudah jauh lebih aman karena WA hanya bisa dibuka oleh pemiliknya dengan cara menempelkan sidik jari pada sensor fingerprint.

Aplikasi media sosial seperti WhatsApp memang harus dibuat dengan memiliki tingkat privasi dan keamanan yang tinggi.

Apalagi WA sudah menjadi aplikasi instan messenger untuk berkirim pesan baik teks, video, audio, gambar, dokumen.

Dengan tingkat fungsional yang tinggi memang tidak heran jika WhatsApp digunakan oleh jutaan manusia untuk mendukung kegiatan produktifitas sehari-hari.

Bahkan mereka sering digunakan untuk mengurusi bisnis, Jadi sangat tepat sekali ketika WhatsApp membuat fitur Kunci Sidik Jari.

Apakah Ketika Ada Panggilan Telp atau Video Call Harus Membuka Kunci Sidik Jari Terlebih Dahulu?

Tidak, fitur kunci sidik jari hanya berguna untuk mengunci dan membuka aplikasi whatsapp sehingga fitur lain dari whatsapp seperti telp dan video call tidak akan terganggu.

Apakah Fitur Kunci Sidik Jari Whatsapp Bisa Digunakan Pada HP Yang Tidak Memiliki Sensor Fingerprint?

Tentu saja tidak, syarat untuk bisa menggunakan fitur baru WhatsApp yaitu kunci sidik jari maka hp yang di instal WA versi terbaru harus memenuhi syarat tersebut dan jika syarat tidak terpenuhi maka fitur kunci sidik jari tidak bisa digunakan.

Apakah Fitur Kunci Sidik Jari WA Aman dan Direkomendasikan Untuk Digunakan?

Kami pribadi sangat merekomendasikanya terlebih lagi adanya fitur ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan aplikasi WhatsApp.

Sehingga seharusnya bisa mengurangi secara signifikan tindak kejahatan yang terjadi pada whatsapp atau yang memanfaatkan aplikasi whatsapp untuk tujuan negatif.

Apakah Setelan Kunci Sidik Jari Telepon Harus Dibuat Terlebih Dahulu?

Yup betul sekali, selain hp yang digunakan sudah memiliki sensor fingerprint yang benar-benar berfungsi dengan baik.

Ada satu syarat lagi yaitu sudah mengaktifkan atau menyetel kunci sidik jari untuk telepon dan hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses konfigurasi kunci sidik jari di WA.

Bisakah Pesan Whatsapp Yang Masuk Kita Sembunyikan Teksnya?

Bisa, pada aplikasi WA fitur tersebut diberi nama Tampilkan Konten Di Pemberitahuan. Secara default fitur ini dalam posisi aktif sehingga orang lain bisa saja mengintip pesan yang masuk pada bilah notif.

Dengan mematikan fitur ini maka tidak ada lagi yang bisa melihat pesan tanpa harus membuka WhatsApp.

Bagaimana Dengan Widget Whatsapp Di HP Apakah Chat Akan Di Tampilkan?

Ketika fitur kunci sidik jari di aktifkan maka chat yang biasanya terlihat ketika menggunakan widget akan otomatis tidak terlihat.

Sehingga satu-satunya cara membaca chat hanyalah dengan membuka aplikasi whatsapp.

Kenapa Pada Opsi Kunci Secara Otomatis Whatsapp memberikan 3 Opsi?

Opsi tersebut di tujukan lebih kepada kondisi pengguna saat itu, jika pengguna adalah orang yang protektif dan bekerja di lingkungan yang padat maka sangat cocok menggunakan opsi Segera.

Dimana WhatsApp akan otomatis terkunci ketika pengguna keluar dari aplikasi WA. Adanya opsi 1 menit dan 30 menit bisa digunakan jika kondisi pengguna sedang sendirian di suatu tempat.

Atau kondisi yang nyaman dan berada dalam lingkungan keluarga. Sehingga tidak khawatir jika ada orang yang mengintip atau kepo terhadap pesan WhatsApp.

Fitur kunci sidik jari lebih menguatkan posisi WA sebagai aplikasi media sosial dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Ditambah semua pesan sudah terenkripsi end-to-end lalu ditambah lagi ada fitur verifikasi 2 langkah.

Seharusnya hal ini akan membuat lebih banyak orang lagi yang akan menggunakan WhatsApp. Cara mengunci WhatsApp menggunakan Fingerprint memang cukup keren.

Silahkan kalian share artikel ini ke semua media sosial milik kalian serta share juga ke teman-teman dan sanak saudara agar mendapatkan info serta pengalaman yang sama seperti yang kalian dapatkan.

Category:
WhatsApp