X

40+ Tempat Wisata Seru di Ciwidey Bandung

Penasaran dengan objek wisata di Ciwidey Bandung Jawa Barat? jika sobat ingin berkunjung & menginap di Hotel / Villa untuk menikmati wisata di Ciwidey Bandung maka silahkan cek rekomendasi tempat wisata di Ciwidey yang sudah mimin siapkan.

Untuk yang sering melancong di Jawa Barat, Pasti tidak asing dengan Ciwidey Bandung ini, memang terkenal dengan beragam tempat objek wisata yang menawan.

Ciwidey sudah lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Bandung. Terletak di Bandung Selatan, Ciwidey menawarkan kesejukan dan keasrian khas pegunungan dengan nuansa hutan dan perkebunan.

Tentunya, Ciwidey bisa menjadi tempat refreshing di saat akhir pekan. Kamu bisa memilih untuk menginap atau sekedar mengunjungi tempat wisata yang ada di Ciwidey.

Mulai dari wisata alam, penginapan hingga taman bermain, ada banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi di Ciwidey. Kamu bisa memilih dari banyaknya pilihan di bawah ini untuk jadi tujuan wisatamu berikutnya.

Nah, dimana saja destinasi wisata yang ada di Ciwidey Bandung Jawa Barat ini? Apa saja yang dapat kalian lakukan di sana? Simak rekomendasi Tempat Objek Wisata di Ciwidey Bandung dibawah ini, sob.

40. Taman Air Situ Lembang

Instagram @adythia_

Walaupun belum sepopuler Situ Patenggang, Situ Lembang menawarkan keindahan alam yang jauh lebih terjaga. Disini kamu bisa mengunjungi air terjun dengan danau yang jernih.

Kamu bisa berkeliling menikmati rindangnya kawasan Situ Lembang atua menyantap makanan yang disajikan di warung sekitar danau.

Informasi seputar Taman Air Situ Lembang

Alamat Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.
Harga tiket masuk Rp 5.000
Wahana Taman air dan danau
Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

39. Gunung Padang

Instagram @anggapermadi

Gunung Padang Ciwidey memiliki keunikan dengan adanya peninggalan jaman prasejarah. Kamu bisa menemuan deretan-deretan batu unik yang berasal dari zaman megalitikum.

Tidak hanya keunikan tersebut, gunung ini juga dikelilingi pegunungan yang menyejukkan. Puncaknya yang dapat dicapai dalam waktu singkat menawarkan pemandangan serta sejuknya udara khas Bandung Selatan.

Informasi seputar Gunung Padang

Alamat Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.
Harga tiket masuk Rp 5.000
Wahana Kawasan Wisata Alam
Jam buka 24 Jam

38. Patuha Resort

Instagram @sofyanzen

Bingung mencari penginapan di Bandung Selatan? Bisa jadi Patuha Resort adalah pilihan yang tepat untukmu. Pasalnya, penginapan ini dilengkapi berbagai fasilitas yang bikin kamu betah.

Tidak hanya berbagai tipe kamar dengan bermacam-macam fasilitas, kamu juga bisa bermain di kolam renang dan restoran yang tersedia. Lokasinya strategis, dekat dengan berbagai tempat wisata.

Patuha resort juga menawarkan pemandangan yang menarik. Terdapat berbagai tipe kamar, mulai dari untuk pasangan hingga rombongan.

Informasi seputar Patuha Resort

Alamat Jalan Raya Situ Patenggang KM.8 Ciwidey, Bandung
Harga tiket masuk Tergantung tipe kamar
Wahana Penginapan
Jam buka 24 Jam

37. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Instagram @mangky

Menghabiskan waktu bersama-sama dan tidur dibawah taburan bintang tentu bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Untuk kamu yang berencana berkemah saat liburan, Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang bisa menjadi salah satu opsi.

Bumi perkemahan yang masih alami ini terletak di Desa Mekarsari. Kamu bisa bermalam bersama teman-teman atau keluarga, sambil menikmati api unggun dan sejuknya pegunungan.

Tidak perlu khawatir, bumi perkemahan ini sudah dilengkapi fasilitas toilet. Sungai Ranca Cangkaung yang mengalir di kawasan ini juga bisa dimanfaatkan untuk bermain air.

Informasi seputar Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Alamat Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Bumi Perkemahan
Jam buka 24 Jam

36. Saung Gawir Bungalow & Resto

Instagram @chelleem

Pernah membayangkan menyantap hidangan khas Sunda di pondokan tepi sawah? Pengalaman seperti ini bisa kamu rasakan di Saung Gawir Bungalow & Resto. Resto ini menawarkan berbagai menu tradisional yang sangat khas dan berbagai minuman.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dengan rasa yang lezat. Tidak hanya resto, Saung Gawir juga menyediakan penginapan dengan model kamar bungalow untuk pengunjung beristirahat.

Informasi seputar Saung Gawir Bungalow & Resto

Alamat Jalan Raya Ciwidey – Rancabali KM 6, desa Alam endah, Alamendah, Rancabali
Harga tiket masuk > Rp 15.000
Wahana Restoran dan penginapan.
Jam buka 09.00 – 17.00 WIB

35. Bale Bambu Adventure

Instagram @malikaaa.76

Ingin menguji adrenalin? Rafting di Bale Bambu Adventure bisa menjadi pilihanmu untuk liburan. Tidak hanya rafting, Bale Bambu juga menyediakan resto dengan ragam menu.

Selain arung jeram, pengunjung bisa bermain paintball, outbond hingga berkemah di pusat wisata petualangan ini.

Selain itu, kamu juga bisa berkeliling perkebunan teh dengan mengendarai mobil off road. Bale Bambu yang awalnya resto kini menjadi tujuan wisata yang sangat lengkap.

Informasi seputar Bale Bambu Adventure

Alamat Jl.Raya Soreang – Ciwidey KM 23
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Wisata petualangan dan restoran.
Jam buka 07.00 – 22.00 WIB

34. Pesona Nirwana Waterpark

Instagram @pesonanirwanawaterpark

Berbagai wahana bermain air menjadi daya tarik waterpark yang berada di tengah perbukitan asri ini. Pesona Nirwana menyediakan berbagai fasilitas berenang dengan keamanan yang terjaga.

Mulai dari perosotan hingga Jacuzzi, pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Untuk pengunjung yang tidak bisa berenang, dapat menyewa pelampung yang sudah disediakan.

Walaupun selalu ramai dengan pengunjung, Pesona Nirwana Waterpark telah menyiapkan parkir yang aman sehingga kamu tidak perlu khawatir saat menghabiskan waktu disini.

Informasi seputar Pesona Nirwana Waterpark

Alamat Kampung Legok Jeungjing, Desa Panyirepan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 40.000 (Weekday) Rp 60.000 (Weekend)
Wahana Taman bermain air
Jam buka 08.00 – 18.00 WIB

33. Taman Love Soreang

Instagram @wisatakabupatenbandung

Bila saat ini berbagai taman tematik menjamur di berbagai kota di Indonesia, taman Love Soreang menjadi taman tematik pertama di Bandung sekaligus sebagai pelopor taman tematik.

Di taman ini, pengunjung bisa berenang ataupun bermain di wahana bermain anak. Taman ini juga dilengkapi dengan café dan berbagai spot foto menarik.

Dari taman Soreang, kamu bisa melihat panorama Kota Bandung dengan kerlap=kerlip lampu pada malam hari. Satu hal yang unik, yakni adanya pesawat yang menjadi obyek menarik di Taman Love Soreang.

Informasi seputar Taman Love Soreang

Alamat Cijengkol Selarwi, Sadu, Soreang, Bandung, Jawa Barat
Harga tiket masuk Rp 10.000
Wahana Taman rekreasi
Jam buka 08.00 – 20.00 WIB

32. Gunung Patuha

Instagram @iyal_m

Untuk pecinta alam, mendaki salah satu gunung di Ciwidey ini tidak boleh dilewatkan. Gunung Patuha disebut juga sebagai Gunung Sepuh dan memiliki ketinggian 2.434 meter diatas permukaan laut.

Gunung berapi yang masih aktif ini menawarkan keasrian kawasan yang masih terlindungi. Tentunya kamu harus siap dnegan udara dingin yang mencapai 20 derajat celcius.

Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian tebal dan sarung tangan, agar bisa tetap nyaman saat berada di sekitar puncak.

Informasi seputar Gunung Patuha

Alamat Jalan Soreang, Ciwidey KM 25
Harga tiket masuk Rp 18.000
Wahana Gunung berapi
Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

31. Happy Farm Ciwidey

Instagram @khoen

Happy Farm Ciwidey menawarkan berbagai macam atraksi yang jarang dijumpai di tempat lain. Misalnya memberi makan anak sapi, berkuda, memanah hingga pertunjukan hewan. Bisa dibilang, Happy Farm Ciwidey adalah destinasi wisata serba ada.

Tidak perlu jauh-jauh ke Lembang, Happy Farm sudah menghadirkan suasana khas peternakan di Ciwidey. Restoran di Happy Farm juga menyediakan beragam menu dengan harga terjangkau.

Informasi seputar Happy Farm Ciwidey

Alamat Jl. Raya Ciwidey No.km 33.7, Panundaan, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973
Harga tiket masuk Rp 20.000
Wahana Taman rekreasi
Jam buka 09.00 – 18.00 WIB

30. Curug Cipanji

Instagram @ripqiw_

Bila destinasi wisata lainnya menawarkan taman bermain air buatan, Curug Cipanji menawarkan keseruan bermain air yang alami. Lokasinya yang tersembunyi membuatnya masih terjaga keasriannya.

Terletak di kaki gunung Cipanji, curug Cipanji unik karena terdapat 4 aliran yang membentuk satu air terjun sepanjang 5 meter. Aliran ini membentuk perosotan landau yang bisa dijadikan perosotan.

Airnya yang jernih membuat banyak pengunjung betah bermain air di Curug Cipanji. Selain itu terdapat fasilitas toilet, warung dan parkir yang aman.

Informasi seputar Curug Cipanji

Alamat Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Bandung
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Air terjun.
Jam buka 24 jam

29. Restoran Sendang Reret

Instagram @olieroradke

Walaupun belum sepopuler Situ Patenggang, Situ Lembang menawarkan keindahan alam yang jauh lebih terjaga. Disini kamu bisa mengunjungi air terjun dengan danau yang jernih.

Kamu bisa berkeliling menikmati rindangnya kawasan Situ Lembang atua menyantap makanan yang disajikan di warung sekitar danau.

Informasi seputar Restoran Sendang Reret

Alamat Jl. Raya Provinsi Ciwidey, Tenjolaya, Bandung, Kab. Bandung, Jawa Barat 40972
Harga tiket masuk > Rp 20.000
Wahana Restoran, hotel dan taman rekreasi.
Jam buka 08.00 – 20.00 WIB

28. Punceling Pass Ciwidey

Instagram @sekayp

Punceling Pass Ciwidey dilengkapi berbagai fasilitas seperti kolam pemandian air panas, kawasan perkemahan dan kolam terapi ikan. Di sini, kamu bisa menikmati waktu berlibur dengan menyenangkan.

Punceling pass juga memiliki arena bermain serta kolam relaksasi. Lokasinya yang berdekatan dengan obyek wisata lainnya memudahkan akses menuju Punceling Pass Ciwidey

Informasi seputar Punceling Pass Ciwidey

Alamat Lebak Muncang Ciwidey Bandung
Harga tiket masuk Rp 15.000
Wahana Taman Rekreasi dan Penginapan
Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

27. Southland Ciwidey

Instagram @iwanherawanshr

Butuh destinasi liburan akhir pekan untuk refreshing pikiran? Southland Ciwidey jawabannya. Deretan pohon pinus dengan suasana tenang dan udara sejuk siap menyegarkan kembali setelah lelah bekerja seminggu penuh.

Southland Ciwidey menawarkan suasana asri yang masih alami. Kamu bisa mendengar suara burung dan serangga bersahutan di tengah ketenangan taman wisata ini. Tidak hanya berkunjung saja, kamu juga bisa menginap dengan berkemah di Southland Ciwidey.

Informasi seputar Southland Ciwidey

Alamat Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM.12, Patengan, Rancabali, Bandung
Harga tiket masuk Rp 10.000
Wahana Camping Ground
Jam buka 07.00 – 18.00 WIB

26. Curug Tilu Rancabali

Instagram @pandubintang13

Tak jauh dari rimbunnya perkebunan teh Rancabali, kamu bisa menemukan curug dengan pemandangan yang maish asri. Curug Tilu memiliki aliran air yang menarik dan terdapat danau jernih dibawahnya.

Tidak hanya menawarkan panorama yang asri, Air Terjun Curug Tilu juga akan menyambut kamu dengan sejuknya udara dan suara burung-burung dari lingkungan pegunungan yang masih alami.

Selain berfoto dan piknik bersama keluarga, kamu juga bisa berenang dan merasakan kesejukan air alami pegunungan.

Informasi seputar Curug Tilu Rancabali

Alamat Patengan, Rancabali, Bandung
Harga tiket masuk Rp 10.000
Wahana Air terjun
Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

25. Jembatan Kereta Api Cikudapateuh

Instagram @dailyquranku_

Ditengah-tengah rimbunnya hutan khas pegunungan di Ciwidey, terdapat rel kereta api tua yang melintang. Rel kereta yang sudah tidak aktif ini kini menjadi salah satu spot foto viral yang banyak dikunjungi.

Dari spot foto ini, kamu bisa melihat lansekap pegunungan, luasnya perkebunan teh serta sungai yang mengalir. Lintasan kereta dari peninggalan Belanda ini sering didatangi para traveller dan selebgram.

Jangan lupa gunakan ootd yang menarik untuk mengambil potret terbaikmu di spot foto bernuansa vintage ini, ya!

Informasi seputar Jembatan Kereta Api Cikudapateuh

Alamat Jl. Raya Soreang-Ciwidey No.255, Sadu, Soreang, Bandung
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Spot foto
Jam buka 24 Jam

24. Pinisi Resto

Instagram @raissatito

Dari kejauhan, sepertinya kamu akan terkejut melihat kapal pinisi raksasa yang berada di tengah-tengah perbukitan. Pinisi resto memang didesain menarik dengan berada di sebuah kapal pinisi.

Dari dek ‘kapal’, kamu bisa menyantap makanan sambil menikmati pemandangan sekitar. Menu yang disajikan juga sangat cocok untuk disantap bersama keluarga.

Berada di tengah kawasan perkebunan teh, Pinisi Resto tidak pernah sepi dari pengunjung.

Informasi seputar Pinisi Resto

Alamat Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 25.000 – Rp 110.000
Wahana Restoran
Jam buka 08.00 – 20.00

23. Palalangon Park

Instagram @wisata_bandung

Taman bermain keluarga Palalangon Park menjadi primadona karena beragamnya wahana yang tersedia. Ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.

Mulai dari wahana air, kolam renang dengan seluncuran hingga pemandian air panas, kamu tinggal memilih akvitias yang diinginkan. Palalangon Park juga dilengkapi dengan kolam sepeda air dan berbagai spot foto menarik.

Siapkan kamera, pakai baju terbaik, dan abadikan keseruanmu berlibur di Palalangon Park.

Informasi seputar Palalangon Park

Alamat Kampung Leuwiliang RT 001/015 Desa Cibodas Kec. Pasar Jambu, Ciwidey
Harga tiket masuk Rp 20.000 (Dewasa) Rp 10.000 (Anak-anak)
Wahana Taman rekreasi keluarga
Jam buka 08.00 – 20.00 WIB

22. Teras Bintang

Instagram @dickyadi

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini adalah panggung kayu berbentuk bintang yang ditopang dengan bambu setinggi 10 meter. Dari gardu pandang Teras Bintang, kamu bisa meliaht keindahan sekitar.

Pepohonan hijau, perbukitan dan danau terhampar dengan sejuknya udara khas pegunungan. Teras Bintang juga menyediakan teleskop untuk mengamati pemandangan sekitar.

Jangan lupa untuk mengambil selfie dengan latar belakang hijaunya pegunungan khas Ciwidey, ya!

Informasi seputar Teras Bintang

Alamat Patengan, Rancabali, Bandung, West Java 40973. Koordinat
Harga tiket masuk Rp 20.000
Wahana Gardu Pandang
Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

21. Willy Wonka Candy House

Instagram @deypriandanaa

Nama Willy Wonka terkenal lewat filmnya yang menceritakan dunia ajaib yang terbuat dari cokelat dan permen. Begitu pula wisata Willy Wonka Candy House yang mengusung tema yang sama.

Disini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang permen raksasa dan berbagai spot menarik lainnya. Kamu juga bisa menyewa kostum untuk membuat tampilan foto lebih menarik.

Tentunya, sehabis menikmati akhir pekan di Willy Wonka Candy House, stock foto Instagrammu akan bertambah.

Informasi seputar Willy Wonka Candy House

Alamat Jalan Raya Ciwidey Rancabali KM 33.7, Desa Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Panundaan, Ciwidey
Harga tiket masuk Rp 25.000
Wahana Spot foto
Jam buka 08.00 – 20.00 WIB

20. D’Riam Riverside Resto

Instagram @iten_sebastian

Bila berlibur bersama keluarga, tempat wisata yang menyediakan wahana bermain dan penginapan di satu kawasan yang sama memang menjadi primadona. Selain praktis juga hemat waktu perjalanan.

Salah satu destinasi wisata dengan penginapan di Ciwidey adalah D’riam Riverside Resort. Penginapan yang disediakan dilengkapi dengan tempat tidur nyaman dan berbagai fasilitas.

Berbagai aktvitias seperti arum jeram dan panjat tebing bisa menjadi aktivitas bersama keluarga selama liburan berlangsung.

Informasi seputar D’Riam Riverside Resto

Alamat Jl. Raya Soreang-Ciwidey km.25, Kelurahan Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp15.000
Wahana Resort dan wahana bermain
Jam buka 09.00 – 18.00 WIB

19. Kampung Pa’go

Instagram @kampungpago

Kalau kamu mencari tujuan berlibur berupa penginapan di Ciwidey, Kampung Pa’go menjadi salah satu rekomendasi. Fasilitas yang ditawarkan lengkap dan nyaman.

Tidak hanya penginapan, Kampung Pa’go memiliki arena bermain yang bisa dinikmati saat berlibur. Tiap kamar dilengkapi dnegan televisi dan shower agar tamu semakin betah.

Kampung Pa’go juga menyediakan kolam renang dan arena bermain anak yang sayang dilewatkan.

Informasi seputar Kampung Pa’go

Alamat Jalan Raya Ciwidey KM 25, Soreang, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Tergantung wahana / tipe kamar
Wahana Resort penginapan
Jam buka 24 jam

18. Glamping Lakeside

Instagram @explorekeliling

Danau hijau dengan pantulan bayangan perbukitan menjadi ciri khas Glamping Lakeside Ciwidey. Masih terhitung baru, tempat wisata ini terletak di sisi Situ Patenggang.

Tidak hanya keindahan danau, kamu bisa menikmati sejuknya pegunungan dengan hamparan pekebunan teh.

Glamping Lakeside juga dilengkapi dengan restoran dan penginapan berbintang yang membuat pengalaman berlibur menjadi semakin nyaman.

Informasi seputar Glamping Lakeside

Alamat Situ Patengan Jalan Raya Ciwidey – Rancabali, kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Bumi perkemahan
Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

17. Legok Kondang Lodge

Instagram @dikawj

Berkemah seringkali diidentikkan dengan repot dan tidak nyaman. Padahal, di Legok Kondang Lodge kamu bisa bermalam di kawasan camping dengan fasilitas bintang lima.

Legok Kondang Lodge adalah kawasan wisata yang menyewakan tenda untuk menginap, berbagai tipe dan ukuran tenda disediakan dan dapat disewa sesuai kebutuhan.

Selain untuk bermalam, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti tur, arung jeram ataupun bersantai sambil barbeque.

Informasi seputar Legok Kondang Lodge

Alamat jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 39, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Bumi perkemahan
Jam buka 08.00 – 20.00 WIB

16. Green Hills Park

Instagram @irmaamalia2909

Sesuai dengan namanya, Green Hills Park menawarkan keindahan perbukitan hijau yang masih alami. Kamu bisa menikmati kesejukan khas hutan pegunungan di taman wisata ini.

Sebagai kawasan wisata konservasi lingkungan, di Green Hills Park kamu bisa melihat berbagai macam flora dan fauna khas hutan tropis. Taman wisata ini juga dilengkapi pusat rekreasi dan fasilitas penginapan.

Terdapat sumber air panas alami, yang bisa dinikmati untuk relaksasi dan pengobatan alami. Atau, kamu bisa bermain outbond di wahana yang telah disediakan.

Informasi seputar Green Hills Park

Alamat Jalan Raya Patengan KM 41, Rancabali, Ciwidey
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Kolam pemandian air panas dan taman bermain keluarga
Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

15. EmTe Highland Resort

Instagram @dadankotak

Terletak dekat dari kawasan wisata kawah putih, Emte Highland Resort menawarkan pemandangan alami yang indah serta udara khas pegunungan yang sejuk. Kamu juga bisa bermain di arena outbond dan taman bermain yang disediakan.

Selain itu, EmTe Highland Resort kamu bisa menguji keberanian di arung jeram atau sekedar bersantai sembari memancing.

EmTe Highland Resort juga dilengkapi dengan kebun buah strawberry serta kolam angsa yang menambah keseruan liburan di tempat wisata ini.

Informasi seputar EmTe Highland Resort

Alamat i jalan Raya Ciwidey – Rancabali KM 11 ( Seberang Gerbang Kawah Putih ), Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 15.000
Wahana Wisata Keluarga
Jam buka 08.00 – 18.00 WIB

14. Ciwidey Valley Resort

Instagram @heni_sarwono

Bila kamu ingin berlibur bersama keluarga, Ciwidey Valley Resort bisa menjadi pilihan yang tepat. Taman pemandian air panas di daerah perbukitan ini menyediakan berbagai fasilitas menarik.

Di Ciwidey Valley Resort, kamu bisa menikmati pemandian air panas dengan fasilitas perosotan. Kolam terbagi antara kolam dewasa dan kolam untuk anak-anak.

Selain itu, terdapat taman burung dimana kamu bisa melihat berbagai koleksi burung yang dipelihara. Setelah seharian bermain, resto yang tersedia di Ciwidey Valley Resort menyediakan berbagai makanan untuk mengisi energi kembali.

Informasi seputar Ciwidey Valley Resort

Alamat jalan Raya Batu Tunggul KM 17, Alam endah Rancabali, Kabupaten Bandung,
Harga tiket masuk Rp 10.000
Wahana Kolam Pemandian Air Panas
Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

13. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Instagram @ivanpramoedyawardhana

Sudah sejak dulu Indonesia dikenal dengan pengobatan hebal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Di Kebun Tanaman Obat Sari Alam kamu dapat belajar banyak tentang pengobatan berbahan alami.

Wisata edukasi herbal di Ciwidey ini bahkan pernah mendapatkan apresiasi dari presiden. Di sini kamu bisa belajar tentang berbagai macam tanaman yang memiliki khasiat pengobatan.

Kebun Tanaman Obat Sari Alam juga menyediakan villa untuk menginap. Sehingga kamu bisa berkeliling kebun lebih lama.

Informasi seputar Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Alamat Jalan Raya Ciwidey, Cukaganteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Edukasi agrowisata
Jam buka 09.00 – 21.00 WIB

12. Rabbit Park Ciwidey

Instagram @faisalrezza

Membayangkan hewan bertelinga panjang dengan bulu empuk ini tentu sangat menggemaskan. Apalagi bila dapat bermain bersama kelinci, seperti yang bisa kamu lakukan di Taman Kelinci Ciwidey.

Di hamparan perbukita, kelinci-kelinci yang sudah jinak berkeliaran kesana-kemari, menunggu kamu untuk menghampiri dan bermain bersama. Tak hanya kelinci lokal, ada lebih dari 100 jenis kelinci yang ada di Rabbit Park Ciwidey.

Kamu bisa menghabiskan waktu dengan memberi makan kelinci sambil menikmati sejuknya udara pegunungan.

Informasi seputar Rabbit Park Ciwidey

Alamat Jalan Raya Ciwidey – Rancabali KM 33.7, Cikembang, Panundaan, Ciwidey
Harga tiket masuk Rp 15.000
Wahana Taman Kelinci, sarana bermain anak, restoran
Jam buka 09.00 – 21.00 WIB

11. Kebun Strawberry

Instagram @ridho.sd

Tidak hanya melepas lelah dan penat, berlibur bisa jadi sarana untuk mendekatkan diri dengan keluarga dan teman terdekat. Salah satunya dengan mengunjungi Kebun Strawberry di Desa Alam Endah.

Ada banyak kebun strawberry di Ciwidey. Keistimewaan kebun yang terletak di Desa Alam Endah ini adalah kamu bisa bebas memetik strawberry untuk dinikmati langsung atau dibawa sebagai oleh-oleh.

Selain itu, kamu tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar strawberry yang telah dipetik. Harga strawberry bervariasi tergantung jenisnya.

Informasi seputar Kebun Strawberry

Alamat Desa Alam Endah, Ciwidey
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Kebun buah strawberry
Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

10. Ranca Upas Smart Camp Adventure

Instagram @wisata_ciwidey

Tidak hanya tempat pemandian air panas atau wilayah perbukitan, Ciwidey juga populer dengan beberapa bumi perkemahan, salah satunya terletak di Kampung Cai Ranca upas.

Ranca Upas memliki luas lebih dari 200 hektar dengan suhu dingin pegunungan. Kawasan ini memang populer sebagai lokasi jambore pramuka ataupun tempat berkemah keluarga.

Tidak perlu repot, Ranca Upas juga menyewakan tenda sehingga pengunjung bisa berkemah dengan mudah. Kamu juga bisa bermain dengan rusa-rusa yang dipelihara di penangkaran, bermain outbond ataupun berenang.

Informasi seputar Ranca Upas Smart Camp Adventure

Alamat Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM 11, Alam Endah, Ciwidey, Kab.Bandung
Harga tiket masuk Rp 15.000
Wahana Bumi perkemahan
Jam buka 24 jam

9. Bukit Jamur

Instagram @tiarazin

Ketika mendengar nama obyek wisata ini, pikiran kamu pasti membayangkan hamparan jamur bak negeri kurcaci. Tapi ternyata tidak, bukit jamur dinamai demikian karena deretan pohon cemara berukuran kerdil berbentuk seperti jamur yang menjadi ciri khasnya.

Bukit jamur cocok sebagai tempat bersantai di akhir pekan bersama keluarga. Banyak spot menarik yang bisa menjadi tempat berfoto bersama.

Bukit jamur sebenarnya lebih merupakan tempat singgah, sehingga belum banyak fasilitas penunjang yang tersedia. Tapi tak ada salahnya untuk mampir sejenak dalam perjalanan liburan

Informasi seputar Bukit Jamur

Alamat Desa Rancabolang, Wicidey, Kab. Bandung
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Kawasan perbukitan
Jam buka 07.00 – 18.00 WIB

8. Barusen Hills

Instagram @yukmainkesini

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menjual keindahan khas kawasan perbukitan. Terletak di Kampung Barusen, kamu bisa melihat keindahan alam yang masih terjaga.

Barusen Hills menyambut pengunjung dengan udara dingin pegunungan serta pemandangan hijau yang menarik. Tak heran banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan di sini.

Saat mengunjungi Barusen Hills, kamu bisa singgah di Barusen Garden untuk melihat hamparan bunga hias yang ditanam, dan tentunya selfie untuk memamerkan keindahan Barusen Garden.

Informasi seputar Barusen Hills

Alamat Kampung Barusen, Kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey
Harga tiket masuk Rp 20.000 (Weekday) Rp 25.000 (Weekend)
Wahana Wisata Perkebunan Teh
Jam buka 07.00 – 20.00 WIB

7. Kampung Cai Ranca Upas

Instagram @andrisukamoto

Sensasi dingin dengan suhu 20 derajat bisa kamu rasakan di Kampung Cai Ranca Upas. Kawasan wisata ini terletak di daerah perbukitan hijau yang asri.

Tak hanya menikmati udara segar khas pegunungan. Kamu bisa menikmati pemandian air panas yang menenangkan. Berbagai aktivitas seru seperti berkemah dan memberi makan rusa juga bisa dilakukan di kampung wisata ini.

Selain itu juga terdapat wahana bermain air seperti seluncuran yang melengkapi pemandian air panas di Kampung Cai Ranca Upas.

Informasi seputar Kampung Cai Ranca Upas

Alamat Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 15.000
Wahana Kolam renang air panas
Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

6. Pemandian Air Panas Ciwalini

Instagram @winzaspal

Salah satu pemandian air panas lainnya yang berada di Ciwidey adalah PEmandian Air Panas Ciwalini. Pemandian Air Panas ini terletak di tengah perkebunan teh Walini.

Pemandian ini menyediakan dua kolam renang yang bisa menjadi tempat relaksasi sembari berlibur. Kamu bisa memilih antara kolam umum atau kolam khusus yang lebih tenang.

Selain itu, terdapat fasilitas penyewaan sepeda yang dapat digunakan untuk mengelilingi perkebunan teh sekitar danau. Pemandian Air Panas Ciwalini juga dilengkapi dengan parkir kendaraan yang aman.

Informasi seputar Pemandian Air Panas Ciwalini

Alamat Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 20.000
Wahana Pemandian air panas
Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

5. Pemandian Air Panas Cimanggu

Instagram @sopwan7102

Di tengah kawasan hutan lindung, pemandian Air Panas Cimanggu dikelilingi hutan yang dihuni berbagai flora dan fauna. Kamu bisa merasakan nikmatnya berendam air hangat di pemandian yang dikelilingi pepohonan besar.

Selain kolam pemandian air hangat, lokasi wisata Pemandian Air Panas Cimanggu juga dilengkapi fasilitas arena bermain keluarga. Tersedia restoran dan penginapan berupa cottage yang membuat liburan lebih nyaman.

Dengan luas lebih dari 140 hektar dan terletak di dataran tinggi, Pemandian Air Panas CImanggu bisa menjadi tujuan wisata keluarga.

Informasi seputar Pemandian Air Panas Cimanggu

Alamat Jalan Raya Ciwidey – Patenggang, KM 13, Rancabali, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 16.000 (Weekday) Rp 23.500 (Weekend
Wahana Pemandian air panas
Jam buka 08.00 – 20.00 WIB

4. Perkebunan Teh Rancabali

Instagram @akbarmilano

Hamparan sawah hijau sejauh mata memandang menjadi ciri khas Perkebunan Teh Rancabali. Bila datang di waktu pagi atau sore, kamu bisa melihat kabut menghiasi udara sekitar perkebunan yang sejuk.

Tak heran, sebab perkebunan teh ini terhampar di ketinggian 1.628 meter dari permukaan laut. Selain udaranya yang sejuk, Kebun Teh Rancabali memiliki lansekap perbukitan yang menarik.

Saat berkunjung di Rancabali, kamu bisa menginap di fasilitas resort yang disediakan. Tidak hanya penginapan, berbagai fasilitas lainnya juga tersedia untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Informasi seputar Perkebunan Teh Rancabali

Alamat Jl. Sindangsima, Kab. Bandung
Harga tiket masuk Gratis
Wahana Perkebunan teh
Jam buka 24 Jam (Aktivitas perkebunan teh 07.00 – 17.00 WIB)

3. Kawah Rengganis Cibuni

Instagram @gaaxx

Untuk kamu yang menyukai wisatap emandian air hangat, Kawah Rengganis Cibuni merupakan salah satu wisata di Ciwidey yang terkenal dengan air hangat alaminya.

Terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu, kawah hasil letusan gunung ini memiliki kadar belerang yang tidak terlalu kuat sehingga aman bagi wisatawan.

Bagi warga sekitar, Kawah Rengganis lebih dikenal dengan Kawah Buni. Tempat wisata ini memiliki khasiat dalam menyembuhkan penyakit kulit dan menjadi tujuan untuk terapi.

Selain manfaat kesehatan yang dimiliki, Kawah Rengganis Cibuni dikelilingi daerah yang asri, kamu bisa mengambil foto-foto menarik yang instagramable. Selesai berendam air hangat, kamu bisa menggunakan fasilitas pemandian yang tersedia untuk membilas tubuh.

Informasi seputar Kawah Rengganis Cibuni

Alamat Desa Cibuni, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 5.000
Wahana Pemandian air hangat
Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

2. Situ Patenggang

Instagram @aripandu

Nama Situ Patenggang terkenal karena cerita tentang Ki Santang dan Dwi Rengganis yang menjadi asal usul tempat wisata ini. Situ Patenggang adalah danau alami yang dikelilingi perkebunan teh yang asri dan sejuk.

Di Situ Patenggang, kamu bisa melihat Pulau Asmara, yakni pulau kecil berbentuk hati yang berada di tengah danau. Selain menikmati keindahan danau, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas yang tersedia, seperti memancing atau berperahu.

Tidak hanya itu, kenyamanan pengunjung juga ditunjang dengan adanya fasilitas penginapan, restoran, tempat ibadah dan pertokoan.

Informasi seputar Situ Patenggang

Alamat Situ Patenggang, Ciwidey
Harga tiket masuk Rp 18.000 (domestik) Rp 150.000 (Internasional)
Wahana Danau dan fasilitas rekreasi
Jam buka 08.00 – 20.00 WIB

1. Kawah Putih

Instagram @estimarifah

Untuk pecinta alam, Kawah Putih bisa menjadi pilihan. Kawah Putih adalah danau alami yang berada di kawasan Gunung Patuha. Kabarnya kawah ini terbentuk dari letusan gunung pada masa lampau.

Kawah putih menjadi terkenal karena warnanya yang dapat berubah-ubah. Fenomena ini terjadi sebab perubahan kandungan berelang dalam air danau, sehingga warna yang muncul menyesuaikan belerang yang ada di dalamnya.

Suasananya yang sejuk membuat kawah putih semakin populer. Selain itu, keindahannya juga menjadikan kawah putih cocok menjadi pilihanmu untuk liburan sambil hunting foto.

Informasi seputar Kawah Putih

Alamat Jalan Raya Soreang, Kabupaten Bandung
Harga tiket masuk Rp 18.000 (domestik) Rp 50.000 (Internasional)
Wahana Danau dan keindahan alam
Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

Naaah, itu dia rekomendasi tempat objek wisata di Ciwidey Bandung Selatan versi Kuota Media. Pokoknya wisata di Ciwidey seru banget deh jika bersama keluarga karena cukup banyak objek wisata keluarga yang seru dan asyik.

Berbagai wisata di Ciwidey seakan tidak ada habisnya untuk dibahas. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan keinginanmu. Sesuaikan juga dengan ketersediaan waktu dan dana.

Mau menginap atau hanya sekedar singgah saja? Ciwidey bisa menjadi tujuang untuk liburanmu selanjutnya.

Dari 40 lokasi Tempat Objek Wisata di Ciwidey Bandung ini, Sobat paling tertarik untuk berkunjung kemana? 🙂