Lainnya

Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak

Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak
Kuotamedia.net

Kuotamedia | Cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak bisa dilakukan dengan 4 cara: via SMS, via website, Aplikasi BPJSKU dan melalui kantor.

Beruntungnya kita tinggal di era kecanggihan digital seperti sekarang adalah apa-apa semuanya dibikin online sehingga lebih praktis dan memudahkan. Selain itu urusan jadi lebih cepat selesai karena hemat waktu. Salah satu yang juga dibuat online yaitu cek status BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi kamu yang ingin cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak secara online maupun offline, ada beberapa cara yang sebentar lagi akan kami bagikan. Nah, bagi yang belum benar-benar paham caranya, simak baik-baik penjelasan kami pada postingan KuotaMedia kali ini, ya!

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSKU

Cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak bisa melalui aplikasi BPJSTKU. Untuk pengguna Android, kamu bisa install aplikasinya di Play Store. Jika sudah, ikuti petunjuk di bawah ini:

Download BKSTKU Mobile
  • Buka aplikasi BPJSTKU yang sudah diinstall tadi.
  • Lakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan email aktif.
  • Jika sudah registrasi dan memasukkan email yang masih aktif, kamu akan mendapatkan pesan aktivasi dari sistem lalu lakukan proses aktivasi mengikuti petunjuk yang diberikan.
  • Selanjutnya, isi data diri kamu sesuai dengan KTP dan nomor KPJ yang tertera pada kartu BPJS kamu.
  • Jika data yang kamu masukkan sudah sesuai dengan data yang kamu masukkan saat daftar BPJS namun hasilnya tidak validartinya BPJS kamu sudah tidak aktif.
  • Untuk proses pengaktifan dan lain-lainnya, kamu bisa menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan langsung untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap dan solutif dari petugasnya

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak melalui SMS ke nomor 2757. Tapi sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan bagi pengguna kartu perdana Telkomsel, Indosat, dan XL saja. Masih belum dipastikan apakah kartu perdana lain akan menyusul.

Nah, untuk pengguna Telkomsel, Indosat, dan XL, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama kamu harus daftar dulu nomor handphone dan juga nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan kamu.
  • Sebelum SMS, siapkan dulu KTP, kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan tentu saja pulsa karena SMS ini tidak gratis alias berbayar.
  • Selanjutnya buat SMS dengan format:
    DAFTAR(spasi)SALDO#No.KTP#NAMA PESERTA#TGL. LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO. KARTU BPJS TK#Email(opsional) kirim ke 2757 
  • Isi data diri di atas sesuai dengan yang tertera pada KTP kamu. Begitu juga dengan nomor Kartu BPJS pastikan harus sesuai dengan nomor yang tertera di kartu BPJS.
  • Sebelum SMS dikirim, pastikan semua informasi sudah benar dan tidak ada typo atau kurang informasi sedikitpun. Sementara untuk email, boleh tidak disertakan jika memang tidak ada.

Nah, setelah nomor hape dan nomor BPJS kamu sudah terdaftar, selanjutnya barulah kamu bisa mengecek statusnya aktif atau tidak. Caranya yaitu:

SMS dengan format STATUS(spasi)TK#NO. BPJS kirim ke 2757

Nanti akan muncul SMS balasan mengenai status BPJS Ketenagakerjaan kamu, masih aktif atau sudah non aktif.

Catatan: Bagi yang sudah pernah daftar melalui SMS ke 2757, tidak perlu lagi melakukan daftar ulang seperti cara di atas, cukup langsung ikuti format STATUS(spasi)TK#NO. PESERTA. Nah, jika kamu mau daftar nomor baru, SMS dengan format DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#No.Handphone lama#NO. KTP, kirim ke 2757.

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Cek BPJS Ketenagakerjaan atau tidak bisa dilakukan juga dengan mengunjungi website BPJS Ketenagakerjaan langsung yang bisa kamu lakukan menggunakan hape atau laptop maupun PC. Berikut langkah-langkahnya.

  • Kunjungi laman BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs
  • Jika sebelumnya belum memiliki akun, lakukan proses registrasi akunnya terlebih dahulu dengan memasukkan alamat email aktif
  • Cek email yang didaftarkan tersebut untuk melakukan aktivasi.
  • Jika sudah, kamu sudah bisa mengakses laman BPJS Ketenagakerjaan
  • Isi bagian data diri di kolom yang disediakan. Masukkan data diri sesuai KTP dan nomor BPJS sesuai yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki.
  • Jika kamu sudah yakin memasukkan data yang sesuai dan hasilnya tidak valid, maka artinya status BPJS Ketenagakerjaan kamu sudah tidak aktif lagi.

Cek Status BPJS Ketenagakerjaan dengan Menemui Petugas

Jika dua cara di atas ternyata tidak berhasil atau dirasa kurang memuaskan, kamu bisa mengecek secara langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan yang didaftarkan.

Dengan menemui petugas langsung akan mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dan lengkap sehingga jika kamu ada pertanyaan lain juga bisa terjawab.

Nah itu tadi cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak yang bisa dilakukan. Jika kurang mengerti proses pengecekan secara online, kamu bisa coba cara SMS (jika pengguna Telkomsel dan Indosat).

Namun, jika sekiranya ingin tau lebih jelas dan bisa bertanya lebih lengkap, bisa kunjungi kantor BPJS dan tanyai petugasnya langsung.

Tinggalkan Komentar